LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-Jangan Pakai Oli Bekas, Begini Cara Mudah Bersihkan Rantai Motor

KursusMengemudiMajalengka
Pemilik sepeda motor yang masih memakai rantai, terdapat baiknya teratur merawat komponen penggerak roda itu. Sebab andai tidak, rantai dapat mebuat berkendara tak menyenangkan.

Rantai pun akan cepat kering dan kendur, sampai-sampai suara berisik bakal timbul saat motor dikendarai. Di samping itu, rantai motor yang kendur pun mengurangi tarikan (akselerasi) motor.

Karena itu, empunya kendaraan mesti rajin mengasuh rantai motor. Dilansir Federal Oil, ada sejumlah tahapan urgen yang perlu diacuhkan pemilik kendaraan saat mencuci rantai motor.

Pertama, empunya kendaraan mesti memahami jenis rantai yang terpasang. Rantai motor dipecah menjadi 2 jenis, yaitu rantai biasa dan rantai jenis O-Ring.

Proses pembersihan kendaraan guna rantai biasa lebih mudah sebab jenis ini terdiri darilogam-logam yang saling terhubung. Sementara guna O-Ring, pembersihannya mesti lebih hati-hati sebab jenis ini memakai material karet guna menghubungkan antar mata rantai.

Langkah kedua yang mesti dilakukan ialah memosisikan motor secara tegak memakai standar tengah. Jika motornya tidak dibekali standar tengah, dapat menggunakan paddock.

Setelah itu, periksa rantai motor dan sprocket gear. Beberapa rinci yang butuh diperiksa ialah tingkat keausan mata rantai. Coba goyangkan rantai ke kanan-kiri, dan menariknya ke belakang, andai sangat kendur, dengan kata lain rantai mulai aus.

di samping rantai, yang butuh diperiksa ialah spocket gear. Apabila mata gear pada komponenini mulai menajam, empunya kendaraan mesti segera menggantinya. Jika hendak mengganti dianjurkan rantai dan gear diganti secara bersamaan.

Langkah keempat, proses pembersihan rantai. Caranya, semprotkan rantai dengan cairan penetran, atau mengguankan minyak tanah. Lalu diamkan sejumlah saat.

Setelah itu, bersihkan rantai motor dengan sikat eksklusif atau sikat gigi yang telah tidak terpakai. Sikat rantai dengan perlahan dan pastikan kotoran saldo oli dan debu disingkirkan.

Jika sudah, etape keenam ialah menyemprot pulang rantai dengan cairan penetran atau minyak tanah. proses ini akan menciptakan kotoran di dekat rantai dan gear rontok. Jangan tak sempat keringkan rantai dengan lap kering.

Langkah terakhir, lumasi rantai dengan cairan chain lube. Semprotkan chain lube di mata gear dan rantai secara merata. Ingat, tidak boleh sekali-kali memakai oli bekas guna melumasi rantai. Karena oli bekas berisi kotoran yang didapatkan dari proses pelumasan di mesin. Di samping itu, oli bekas juga buat debu dan kotoran menempel di rantai.



LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 

Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.