LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-cara mengubah kampas kopling pada mobil

KursusMengemudiMajalengka
Kursus Mengemudi Majalengka
cara mengubah kampas kopling pada mobil
kopling
1. Gejala Kerusakan

Konsumen mengeluh pada masa-masa mobil dibawa guna melaju, suara mesin keras, tetapi jalannya lambat. Di samping itu, saat gas diperbanyak kecepatan mobil tidak bertambah. Hal ini menandakan bahwa kolingnya slip.

2. Analisa Kerusakan
*Dengan adanya urusan itu diatas, maka dapat diperkirakan macam penyebabnya antara beda :
*Mungking bidang geseknya licin tertutama pada kampas kopling
*besar kampas koplingnya telah tipis

3. Tujuan
*Mengganti plat kolingnya
*bantalan pembebas
*Mengamplas roda gaya
*Membersihkan bak kopling dan kerak dan kotoran

4. Alat dan Bahan
Alat :
>Dongkrak (2)
>Jack stand (3)
>Kunci shock (1 set)
>Kunci momen (1)
>Obeng (+) (1)
>Obeng (-) (1)
>Kunci ring (1 set)
>Rachet (1)
>Palu (1)
>Pelurus (1)
>Kaliper (1)
>Bak penampung (1)
>Kain lap (1)
>Kuas (1)
>Tang (1)
>Kompresor (1)
Amplas (secukupnya)
5. Keselamatan Kerja
6. Bagi praktikan
1) Mengenakan pakaian kerja, sarung tangan dan topi serta celemek
2) Serius dalam bekerja dan tidak bercanda
3) Menggunakan Jack stand ketika bekerja dibawah mobil
7. Bagi Alat dan Bahan
1) Menggunakan alat cocok fungsinya
2) Melepas kabel (-) baterai supaya tidak konslet
3) Meletakkan perangkat dan bahan ditempat aman
7. Bagi lingkungan
8. Menjaga kesucian bengkel
9. Kerja
Langkah Pembongkaran

1) Pertama, saya mempersiapkan seluruh alat yang bakal digunakan
2) Melepas kabel (-) baterai guna keamanan
3) Mengangkat mobil dengan dongkrak supaya leluasa bekerja dibawah mobil
4) Memasang jack stand supaya aman
5) Memasang jack stand yang atasnya diberi balok pada bak canter sebagai pengampu dengan destinasi mesin tidak jatuh ketika bak presnel dilepas.
6) Melepas olor presnel dengan memakai tang
7) Melepas penghubung kopling (olor) dari garpu pengungkit dengan teknik melepas pegas pembalik garpunya terlebih dahulu memakai obeng (-)
8) Melepas soket atau kabel mundur pada kaki transmisi
9) Melepas motor starter dengan melepas dua baut pengikat memakai kunci ring 14 mm
10) Melepas poros propeller, dengan teknik melepas 4 baut pengikat memakai kunci ring ukuran 14mm. kemudian melepas/menarik terbit poros unsur depan hingga terlepas dari bak transmisi
11) Melepas bak transmisi dengan teknik melepas 8 buah baut pengikat dengan memakai kunci sok 14mm.sebelum baut terlepas, saya memasang dongkrak dibawah bak transmisi
12) Setelah baut terlepas, kemudian melepas bak transmisi dan menurunkannya
13) Meletakkan bak transmisi pada bak pencuci
14) Melepas lokasi tinggal kopling dengan teknik mengendorkan 8 buah baut pengikat memakai kunci sok ukuran 12mm. secara berurutan satu persatu.
15) Setelah seluruh baut terlepas, kemudian saya unik rumah kopling ke luar
16) Melepas garpu pembebas dengan teknik meleas klem pengunci dengan memakai tang, lantas melepas bantalan pembebas
17) Melepas garpu pembebas dari karet pelindung debu dengan menarik terbit garpu pembebas dari lubang dudukannya pada bak transmisi.
a
Langkah Pemeriksaan
1) Memeriksa roda gaya
Untuk mengecek roda gaya, terlebih dahulu lokasi tinggal kopling mesti terlepas. Roda gaya dicek dari alur permukaannya, hasilnya ialah permukaan roda gaya masih baik dan melulu perlu diamplas saja. Selain tersebut juga mengecek roda giginya, hasilnnya roda gigi pada roda gaya masih baik dan tidak terdapat yang cacat.
2) Memeriksa kampas kopling
Saya mengecek dari situasi fisik, dan hasilnya karet torsi telah kendur kampas kopling telah tipis.
Selain mengecek kampas kopling secara visual, saya pun memeriksa kedalam paku keeling dengan teknik mengukur menggunakan caliper. Hasil pengukurannya ialah 0,03mm. urusan ini berarti kampas kopling mesti diganti.
3) Memeriksa bantalan pembebas
Cara saya memeriksanya ialah dengan melepas bantalan pembebas kemudian memeriksanya dengan teknik diputar-putar dan didengarkan bunyi putarannya. Hasilnya ialah putaran bantalan pembebas telah tidak fasih dan timbul bunyi (Ganti)
Langkah Pemasangan
1) Sebelum seluruh komponen dipasang, saya melumasi bantalan pembebas dan poros transmisi terlebih dahulu dengan memakai grease.
2) Kemudian, saya memasang kampas kopling dan lokasi tinggal kopling pada roda gaya dengan memakai batang pelumas supaya mempermudah nantinya ketika memasang poros transmisi.
3) Setelah lokasi tinggal kopling terpasang, kemudian saya memasang baut pengikat lokasi tinggal kopling yang berjumlah 8 buah memakai kunci sok ukuran 12mm secara merata dan bergantian
4) Setelah seluruh baut terpasang dan kencang, lalu pemandu mengeraskan kembali memakai kunci momen dengan menyilang dan merata
5) Memasang bak transmisi dengan teknik meletakkan bak transmisi pada dongkrak dan memompa dongkrak sampai elevasi transmisi sama dengan lokasi tinggal kopling lantas mendorong bak transmisi maju hingga poros transmisi masuk k dalam poros kopling (clutch hub)
6) Memasang baut pengikat bak transmisi dengan memakai kunci ukuran 14mm dengan teknik menyilang dan rata lantas melepas jack stand yang menyangga mesin
7) Memasang pengampu bak transmisi dengan body mobil dan mengikatnya dengan 4 buah baut pengikat memakai kunci ring ukuran 17mm
8) Memasang poros propeller dengan teknik memasukkan poros dibuka dari unsur depan masuk ke dalam bak transmisi unsur output. Lalu memasang poros propeller unsur belakang yang bersangkutan dengan garden dan mengikatnya dengan menggunakan 4 buah mur dan baut pengikat dan dikeraskan.
9) Memasang pulang olor kopling pada garpu pembebas, memasang pegas pembalik garpu pembebas memakai obeng (-) dan tang, kemudian memasang pulang kabel mundur pada socket yang ada pada bak transmisi.
10) Memasang olor presnel dengan memakai tang
11) Memasang motor starter dengan memasang dua baut pengikatnya, llau menghubungkan pulang kabel (+) bateray dengan terminal 30 motor starter dan terminal 50 dengan ST kunci kontak.
12) Menurunkan mobil
Kesimpulan
1) Setelah mobil diturunkan dan dilaksanakan langkah pengujian. Langkah pengujian dilaksanakan di jalam umum.
2) Setelah pengujian, hasilnya ialah baik dengan bukti, ketika terjadi peningkatan gas, kecepatan mobil juga meningkat dan pemindahan presnel dapat berlangsung mulus dan tidak memunculkan bunyi


LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.