LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-Jenis Spare Part Sepeda Motor

KursusMengemudiMajalengka
Tagged: motor, spare part motor
Sebagai pemakai sepeda motor, tentu kita harus rajin merawat dan memahami sejumlah jenis spare part sepeda motor. Ini tentu sangat penting, sehingga ketika terjadi sesuatu terhadap motor maka saya dan anda bisa memperbaiki sepeda motor itu sendiri. Apalagi ada sebanyak jenis spare part sepeda motor yang mempunyai masa pemakaian yang pendek dan butuh perawatan ekstra. Apalagi seperti yang kamu sama-sama ketahui bahwa tidak tidak banyak komponen sepeda motor yang harganya mahal.

spare part motorNamun pada prakteknya tidak tidak banyak pemakai motor yang menyepelekan hal tersebut. Mungkin sebab sekarang sudah tidak tidak banyak bengkel-bengkel khususnya bengkel pinggir jalan yang meluangkan sekian tidak sedikit jenis spare part sepeda motor dengan harga yang murah, namun kualitasnya tidak terjamin. Nah, inilah ini ada sebanyak Jenis Spare Part Sepeda Motor yang memang harus diacuhkan supaya ketika kamu datang ke bengkel untuk service teratur tidak akan keluar tidak tidak banyak uang.

Aki motor
Kita tahu aki motor merupakankomponen sepeda motor yang penting dan harus diperhatikan. Karena fungsi dari aki ini merupakan sebagai penyalur daya untuk menghidupkan mesin motor. Di samping itu, aki juga adalahpenyedia tenaga cadangan untuk keperluan mesin dan aksesoris kelistrikan di sepeda motor. Oleh sebab faedah nya sangat vital, maka usahakan untuk selalu memeriksa aki secara berkala.

Aki untuk sepeda motor ada dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering seringkali dipakai oelh motor-motor matic. Di samping tidak perlu menggarap perawatan, aki keringnya memiliki dimensi yang kecil. Namun tidak tidak banyak yang mengeluhkan aki kering lebih cepat rusak. Berbeda dengan aki kering, aki basah justeru waktu pemakainnya lebih lama. Namun tetap aki basah membutuhkan perawatan, di mana aki basah ini harus selalu diisi air aki ketika habis.

Oli
Oli pun paling vital, karena oli merupakan pelumas guna mesin sepeda motor. Bila olinya saja sudah rusak, tentu ini akan merusak mesin lagipula andai motor tersebut untuk perjalanan jarak jauh maka ini akan membuat mesin menjadi aus. Jika terjadi seperti itu, maka mesin akan rusak dan macet seketika dan ini dapat dominan pada komponen lainnya. Oleh karena itu, usahakan sering kali mengolah oli sangat tidak 1 bulan sekali untuk menjaga mesin tahan lama.

Ban
Ban merupakankomponen penting untuk sebuah sepeda motor karena ban merupakan titik tumpu motor tersebut untuk bisa berjalan. Jenis ban yang tidak tidak banyak dipasaran kini ada 2 jenis, yaitu ban biasa (membutuhkan ban dalam) dan ban tubless. Meskipun anda beli merk dan kualitas terbaik, ban juga punya masa pemakaian, maksimal 1 – 2 tahun, maka usahakan bila sudah melewati masa tersebut usahakan harus mengolah dengan ban baru. Jika dipertahankan, kondisi ban akan menjadi buruk dan bisa membahayakan. Kondisi lain di mana harus memilih mengolah ban baru, bila ban sering ditambal sebab gampang bocor.

Kampas Rem & Tali Rem
Rem merupakanhal terpenting dalam berkendara baik dengan mobil ataupun motor. Dengan rem laju kendaraan bisa dikendalikan. Tanpa adanya rem, dipastikan akan tidak tidak banyak sekali kecelakaan. Namun bila rem berfungsi dengan baik, dijamin perjalanan Anda akan nyaman dan aman. Oleh karena itu, tidak jarang kali simaklah kampas rem dan tali rem. Untuk motor yang menggunakan rem cakram, maka rajin-rajin lah menggarap perawatan (service) ke bengkel sah supaya dapat diperhatikan keadaannya.

Lampu
Kini lampu menjadi spare part atau komponen penting dalam berkendara di jalan raya. Mengapa tidak ? Karena sekarang sudah ada peraturan polisi untuk selalu menyalakan lampu ketika berkendaraan baik pagi, siang, dan juga malam. Jika tidak menyalakan, Anda akan kena tilang. Lampu pun terkaitdengan aki, bila lampu menyala terang maka dipastikan aki masih bagus. Namun sebaliknya, bila lampu baik lampu depan dan lampu sen tidak bisa menyala pasti ada masalah pada aki motor Anda.

Rantai / belt
Untuk pemilik sepeda motor baik 4 tak maupun matic, rantai/belt merupakankomponen terpenting. Jika tidak ada, maka sepeda motor anda tidak akan bisa kemana-mana alias tidak bisa digunakan. Oleh sebab tersebut tidak jarang kali cek ulang rantai/belt setiap hari untuk menghindari putus di tengah jalan. Lakukan perawatan rantai dengan memberikan oli atau cairan khusus untuk membuat rantai tidak kotor atau bahkan berisik ketika motor jalan.

Busi
Busi pun tergolong komponen penting, sama hal nya dengan rantai, ban, dan aki. Tanpa busi, motor sudah tentu tidak bakal dapat dihidupkan. Degan busi, mesin akan menggarap pembakaran untuk membakar bahan bakar sehingga motor bisa digunakan. Usahakan untuk punya busi cadangan dibagasi motor, sehingga ketika dalam perjalanan busi mati bakal dapat langsung diganti sendiri tanpa harus ke bengkel.

Karburator
Karburator jadi bagian penting dari sebuah sepeda motor. Kebersihan dari komponen ini paling urgen untuk membuat transmisi bahan bakar menjadi lancar. Tentu pengecekan karburator seringkali dilaksanakan saat mengerjakan service baik service kecil maupun service besar.

Tali Gas
Tali gas pun termasuk penting, di mana terjadi tali gas putus atau macat ketika perjalanan akan membuat repot dan sangat berbahaya. Ini sebab dapat menciptakan putaran mesin menjadi tidak terkendali. Perawatan teratur mesti dilakukan secara teratur untuk menonton masih bagus atau tidak tali gas tersebut. Ada tanda-tanda bila tali gas bermasalah, laksana saat unik gas terasa macet dan tidak lumayan lancar. Baiknya bila sudah mengetahui nya akan lebih langsung mengolah dengan tali gas yang baru demi kelancaran transmisi bahan bakar.

Semoga artikel ini dapat menciptakan semua empunya kendaraan khususnya motor untuk lebih memperhatikan semua komponen penting, sehingga aman dan nyaman dapat dirasakan ketika berkendara di jalan raya.



LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.