LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-Motor Matic Mogok di Tengah Jalan, Tenang Ini 7 Penyebabnya (Sepele)

KursusMengemudiMajalengka


Motor Matic Mogok di Tengah Jalan, Tenang Ini 7 Penyebabnya (Sepele)

Kendaraan yang sangat enak dipakai yakni Motor. Alasanya, berukuran ringkas, irit, dan gampang mengendalikannya. Tapi, permasalan yang membayangi kendaraan bermotor ialah mogok atau mati total. Mengapa dapat demikian ? Untuk membalas hal tersebut, diartikel ini bakal saya share sekian banyak  penyebab motor matic mogok atau mati total.



Mengapa tidak sedikit orang memilih motor matic ?

Motor matic, atau berasal dari motor automatic ialah jenis motor yang memakai transmisi otomatis sampai-sampai kita selaku pengendara tidak butuh mengoperasikan perseneling dan kopling.

Karena urusan itu, tidak sedikit konsumen memilih jenis motor matic sebab di samping lebih mudah, berat motor pun lebih enteng sehingga sesuai digunakan oleh siapapun.

Motor matic memiliki keunggulan antara lain,


  • Mudah dipakai karena lumayan putar gas
  • Menggunakan rem tuas/tangan sehingga gampang dalam pengereman
  • Tidak berisik, beberapa besar motor matic mempunyai suara yang halus


Namun, skuter ini pun memiliki sejumlah kekurangan antara lain,


  • Boros bahan bakar
  • Perawatan pun lebih rumit
  • Top speed tidak cukup maksimal



Sehingga dapat disimpulkan bahwa jenis sepeda motor ini sesuai digunakan guna jalan santai laksana didalam perkotaan atau pedesaan. Jika motor matic mogok, kira-kira apa penyebabnya ?


Penyebab Skuter Matic Mati Total

Meski mengangkat sistem transmisi otomatis, matic pun punya mesin yang sama laksana motor-motor lain. Jika terjadi masalah maka penyebabnya dapat berasal dari,

1. Busi mati

Masalah ini umum terjadi khususnya andai motornya berusia lumayan tua. Apa yang mengakibatkan busi mati ?

Busi kegunaannya untuk memercikan bunga api didalam ruang bakar. Percikan api ini dipakai untuk proses pembakaran mesin. Jika apinya tidak keluar, otomatis tidak terjadi pembakaran alias mogok.

Penyebabnya bermacam-macam, dapat internal busi yang patah (Elektroda patah) atau pada busi resistor seringkali terjadi pelonjakan resistance. Sehingga apinya ingin kecil.

Bisa juga diakibatkan karena celah busi yang lumayan lebar. Untuk hal celah busi, kamu tidak butuh menggantinya. Cukup stel ulang celah busi di angka 0.8 - 1.0 mm memakai feeler gauge.

Tapi andai internal busi yang rusak, inginkan diapakan pun tidak bakal berpengaruh, solusinya dengan mengerjakan replacing atau penggantian. Penyebab busi cepat rusak dapat berasal dari ketidak tepatan spesifikasi busi dengan mesin motor kita, butuh diketahui pun mesin 100 cc dengan 150 cc tersebut businya beda.

2. Masalah pada karburator

Karburator, kegunaannya untuk menyuplai aliran bensin dengan jumlah yang telah ditentukan. Karburator memakai prinsip perbedaan tekanan. Bensin akan terbit secara otomatis ketika ada udara melalui venturi.

Jika terjadi masalah, otomatis komparasi udara dan bensin yang masuk ke mesin jadi tidak pas. Jika aliran bensin tersendat, maka campurannya termasuk kurus, hasilnya motor nyendat dan di RPM rendah bakal mati.
Pada situasi yang lebih parah, penyumbatan dapat terjadi pada noozle didalam karburator. Hasilnya, bensin tidak terbit sama sekali, sampai-sampai tidak terdapat proses pembakaran pada mesin alias mogok.

Sebaliknya pun sama, andai aliran bensin ke ruang bakar lumayan deras maka homogenitas bakal menurun serta menyebabkan gabungan kaya. Hasilnya, ketika digas motor dapat brebet bahkan mati.

Saat terdapat aliran bensin berlebih ke ruang bakar, tersebut akan menyelimuti elektroda busi. Hasilnya busi yang basah bakal sulit terbit api, sampai-sampai mesin akan susah dihidupkan.

3. Bensin habis

Untuk penyebab ketiga, saya rasa ini lumayan sepele. Jika hingga terjadi itu dapat saja sebab keteledoran kamu yang tidak memeriksa situasi bahan bakar terlebih dahulu.

4. Injektor bermasalah (Efi)

Khusus guna motor matic injeksi, eksistensi karburator telah digantikan dengan susunan elektic fuel injection. Artinya guna menyuplai bahan bakar tidak lagi memakai prinsip perbedaan tekanan, tetapi sudah dikalkulasi secara elektronik.

Namun, urusan tersebut bukan berarti masalah mesin bakal hilang. Justru, ketika injektor bermasalah bakal lebih rumit lagi penanganannya.

Injektor yang rusak dapat menyebabkan aliran bensin tidak terbit atau tersendat-sendat. Akibatnya mesin dapat brebet sampai mati. Hal-hal yang mengakibatkan injektor bobrok antara lain;


  • Solenoid yang terputus (Komponen internal injektor)
  • Kabel injektor putus, dapat karena terpapar benda tajam atau digigit tikus.
  • Sekering utama putus, urusan ini dapat saja menandakan adanya short voltage.



5. Fuel pump mati

Pada mesin injeksi, fuel pump paling diperlukan. Fungsinya untuk membuat tekanan bahan bakar. Jika fuel pump bobrok otomatis tidak ada desakan bahan bakar, sampai-sampai bensin tidak mampu terbit dari injektor.

Kondisi ini dapat disebankan sekering fuel pump yang terputus. Selain tersebut sama laksana injektor, kelistrikan tergolong kabel dan motor pump pun berpotensi putus.

6. Baterai habis

Pada motor karbu, baterai sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan untuk mesin, sebab kebutuhan kelistrikan mesin telah disuplai oleh kiprok. Namun pada motor injeksi, baterai diperlukan untuk mengoperasikan fuel pump. Jika fuel pump tidak dipompa saat mula start, maka desakan bahan bakar bakal turun dan mesin sulit hidup.

Untuk mengecek situasi baterai sebenarnya lumayan mudah, lumayan posisikan kunci kontak ke posisi ON, seringkali seluruh panel di spedometer bakal bergerak. Jika tidak terdapat gerakan, dapat dipastikan baterai paling drop.

7. Kiprok rusak

Untuk hal ini, baik motor karbu atau motor injeksi dapat saja mengalaminya. Kiprok atau altenator kegunaannya untuk menghasilkan arus listrik, listrik terdebut dipakai untuk memenuhi keperluan mesin laksana pengapian dan lampu.

Jika kiprok rusak, otomatis tidak terdapat suplai arus listrik. Sehingga baterai menjadi komponen penyuplai terakhir. Namun baterai tanpa dipenuhi juga bakal kehabisan daya, sampai-sampai motor bakal mogok ketika voltage pada baterai drop walau kita sedang berjalan.

Sekian tulisan dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk kita dan tidak boleh lupa guna share artike ini di social media anda, sebab semakin tidak sedikit kebaikan yang anda tebar semakin tidak sedikit pula guna yang anda terima.
LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.