LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI - 4 komponen motor matik yang rawan rusak

KursusMengemudiMajalengka

4 komponen motor matik yang rawan rusak

Skuter matik, motor serbaguna untuk segala usia
Menggunakan motor yang memiliki transmisi otomatis (matik) memang lebih simpel dan nyaman. Tak heran kini banyak sekali para pengguna sepeda motor, termasuk ibu rumah tangga, yang menjadikan motor matik sebagai sarana untuk beraktivitas sehari-hari.
Namun di balik kemudahan mengoperasikan motor jenis ini, para pengguna mesti memahami ada beberapa komponen yang perlu mendapat perhatian ekstra.
Ada empat komponen penting yang patut Anda cermati dan selalu perhatikan yang tentunya 4 komponen tadi cukup vital bagi kelancaran pengoperasian motor jenis matik. 
Ban
Dengan diameter yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan sepeda motor bebek atau sport, ban akan berputar lebih banyak. Maka keausan akan lebih cepat terjadi. Ada baiknya Anda mengecek komponen ini secara berkala, dan apabila harus diganti. 
Kopling
Komponen ini sebenarnya bekerja hampir sama dengan model lain. Namun karakteristik kopling pada motor matik sedikit berbeda dari motor manual terutama karena banyaknya bagian yang berputar, mulai dari mangkuk kopling, roller, per, dan sebagainya. Komponen ini ada baiknya Anda cek secara berkala di bengkel resmi, karena memerlukan alat khusus.
Drive belt (sabuk)
Komponen ini termasuk yang terpenting namun juga menjadi salah satu kelemahan motor matik. Karena tugasnya menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek dengan jarak kilometer tertentu.
Kanvas rem
Karena kerap digunakan untuk menunjang aktivitas harian, tak bisa dipungkiri kalau elemen ini akan lebih cepat habis. Terlebih karakter motor matik yang mengharuskan Anda sebagai pengguna selalu menggunakan rem secara bersamaan, baik depan maupun belakang.
Usai memperhatikan beberapa hal tadi, alangkah lebih bijak kalau Anda juga memperhatikan kondisi motor secara keseluruhan. Kami anjurkan Anda untuk terus melakukan perawatan rutin pada bengkel yang direkomendasikan pabrik. Selain bengkel resmi akan memberikan kualitas suku cadang dan garansi apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan usai servis dilakukan.
Selain ke bengkel, ada beberapa tindakan pencegah kerusakan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Di antaranya adalah:
  1. Selalu memanaskan motor sesaat sebelum digunakan.
  2. Jangan biarkan tangki bahan bakar sampai kosong/terkuras habis.
  3. Selalu ganti oli secara teratur.

LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN

MUSTIKA WANGI

KURSUS OTOMOTIF

MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN

MONTIR SEPEDA MOTOR


Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 

Telp. (0233) 883678 – 08122196016

Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.