LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-cara kerja dan stuktur lengkap mesin mobil

Kursus Mengemudi Majalengka

cara kerja dan stuktur lengkap mesin mobil

Saat sedang berkendara, pernahkan terlintas dalam benak Anda pertanyaan-pertanyaan seperti, apa yang menggerakkan mesin mobil Anda? Atau bagaimana cara kerja mesin mobil? Bahkan mungkin Anda juga pernah bertanya-tanya tentang hal lain yang berhubungan erat dengan prinsip kerja kendaraan roda empat yang kini kita kenal dengan sebutan mobil.

Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut memang akan sangat mencerahkan. Namun mungkin tak sedikit orang yang beranggapan bahwa prinsip kerja mobil hanya perlu diketahui oleh para praktisi otomotif saja. Sedangkan untuk pengguna umum, rasanya tak penting mengetahui hal-hal tersebut. Bahkan tak sedikit pula yang menilai bahwa knowledge seperti ini sulit untuk dipahami. Sebenarnya prinsip kerja mobil tidaklah serumit yang dibayangkan, setidaknya big picture cara kerja mesin cukup mudah untuk dipahami, bahkan oleh orang awam sekalipun. Bagi Anda yang penasaran dengan cara kerja mesin mobil, yuk kita cari tahu selengkapnya.

Mesin Pembakaran Internal
Sebelum berbicara lebih jauh tentang mesin mobil dan cara kerjanya, rasanya kurang afdol jika belum membicarakan tentang salah satu bagian penting dalam mesin, yakni mesin pembakaran internal. Sesuai dengan namanya, di sinilah tempat terjadinya proses pembakaran antara bahan bakar dan udara yang nantinya menciptakan tenaga yang digunakan untuk menggerakkan piston. Inilah kunci pergerakan yang ada pada rangkaian mesin mobil.

Anatomi Mesin Mobil



Saat melihat mesin mobil, di situ tampak beberapa komponen yang kelihatannya cukup rumit. Namun secara umum, mesin mobil terdiri atas beberapa komponen utama yang saling bekerjasama. Komponen-komponen inilah yang memiliki andil besar dalam menggerakkan kendaraan. Untuk lebih jelasnya, mari kita cari tahu satu demi satu.

1. Blok Mesin
Inilah fondasi sebuah mesin dan salah satu kunci cara kerja mesin mobil. Umumnya blok mesin ini terbuat dari bahan aluminium. Akan tetapi material besi terkadang juga masih digunakan oleh beberapa manufaktur. Blok mesin ini sering dikaitkan dengan blok silinder karena bentuknya yang memang berupa tabung. Berawal dari sini jugalah penyebutan mesin empat silinder, mesin V6 ataupun V8 muncul. Silinder blok mesin ini juga menjadi tempat pergerakan piston. Karena itu, semakin banyak jumlah silinder dalam sebuah mesin, semakin besar pula tenaga yang dapat dihasilkannya.

2. Ruang Pembakaran
Di sinilah tempat bertemunya bahan bakar, udara, tekanan dan energi listrik yang kemudian menciptakan ledakan kecil yang menggerakkan piston. Komponen ini juga menjadi tempat bernaungnya beberapa komponen lain seperti piston, silinder dan kepala silinder.

3. Kepala Silinder
Kepala silinder biasanya terletak di sisi bagian atas silinder mesin. Komponen ini juga memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembakaran.

4. Piston
Piston memiliki bentuk seperti sebuah kaleng yang bergerak ke atas dan ke bawah, menciptakan gerakan yang memiliki andil besar dalam menjalankan mobil. Pada sisi bagian atas piston, terdapat 3 atau 4 alur cor. Dalam alur inilah terdapat cincin piston yang terbuat dari besi dan terdiri dari dua jenis cincin, cincin kompresi dan cincin oli.

5. Poros Engkol / Crankshaft
Saat piston bergerak ke atas dan ke bawah, crankshaft atau poros engkol inilah yang kemudian bertugas untuk mengkonversi gerakan tersebut hingga mampu menggerakkan mobil. Pada komponen ini juga terdapat lobus balancing yang berguna untuk menjaga mesin dari kerusakan saat crankshaft berputar.

6. Camshaft
Bisa dibilang ini adalah otak dari mesin. Camshaft bekerja bersama dengan crankshaft untuk memastikan katup mesin membuka dan menutup tempat pada waktunya guna menghasilkan performa terbaik. Komponen ini jugalah yang memiliki kontrol penting pada katub intake dan outtake. Pada beberapa mesin berbentuk V, terkadang terdapat 2 camshaft pada setiap silindernya. Itulah kenapa performa mesinnya juga jauh lebih optimal dari mesin biasa.

7. Timing System
Cara kerja mobil juga tak lepas dari timing system. Komponen inilah yang menjadi tempat berkoordinasinya antara crankshaft dan camshaft. Jika kedua komponen tersebut tidak sinkron, maka mesin tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Selain 7 komponen yang telah disebutkan sebelumnya, sebenarnya masih ada beberapa komponen lain yang juga memiliki peranan yang sangat penting seperti katup mesin, rocker arms, pushrods dan fuel injectors. Setiap komponen memiliki fungsi dan perananannya masing-masing. Dan dengan saling bekerjasama, mesin mobilpun dapat bekerja dengan baik.

Cara Kerja Mesin Mobil

Kini anda telah memahami garis besar komponen utama dalam suatu mesin mobil. Selanjutnya kita dapat mulai melangkah lebih jauh, memahami bagaimana teknik kerja mesin mobil yang sesungguhnya. Dalam prosesnya, kerja mesin mobil terbagi dalam 4 kegiatan yang mencakup intake, compression, power dan exhaust. Untuk keterangan lebih lengkapnya, inilah penjabarannya.

1. Intake
Dalam proses intake, piston bakal ditarik oleh crankshaft ke sisi unsur bawah mengarah ke bagian dalam silinder. Selama mobil bergerak, crankshaft ini nantinya pun akan terus bergerak. Katup yang ada pada mesin pun akan terbuka sampai-sampai memungkinkan udara dan bahan bakar masuk dan bercampur di dalam silinder.

2. Compression
Katup drainase masuk lantas ditutup, piston bergerak meremas atau mengkompres gabungan antara udara dan bahan bakar sampai-sampai membuatnya lebih gampang terbakar. Saat piston bergerak ke sisi unsur atas silinder, pada saat tersebut jugalah steker pemacu terbakar.

3. Power
Percikan api hasil dari proses kompresi ini lantas menghasilkan ledakan kecil dan menciptakan bahan bakar yang terbakar menghasilkan gas panas yang mendorong piston ke sisi unsur bawah. Energi yang dicungkil dalam proses itu nantinya bakal menjadi tenaga yang dipakai untuk menggerakkan crankshaft.

4. Exhaust
Katup drainase luar lantas akan tersingkap dan crankshaft juga terus berputar, mendorong piston supaya menuju pulang ke silinder. Pada langkah inilah gas hasil pembakaran akan dilemparkan melalui knalpot.

Tips Merawat Mesin Mobil



Kini kita tahu teknik kerja mesin mobil. Setelah memahami hal tersebut, pasti Anda mempunyai lebih tidak sedikit gambaran mengenai proses yang terjadi di dalam mesin kendaraan. Berawal dari sini juga, Anda bakal semakin paham mengenai pentingnya mengasuh mesin mobil supaya tetap tahan lama dan bekerja dengan optimal. Merawat mesin mobil bukanlah urusan yang sulit. Meski demikian, ini ialah pekerjaan teratur yang mesti dilaksanakan oleh setiap empunya kendaraan. Bagi lebih jelasnya, berikut sejumlah tips mengasuh mesin mobil.

Panaskan mesin sebelum digunakan. Sebelum mulai memacu mobil, pastikan tidak jarang kali untuk memanaskan mesinnya terlebih dahulu. Durasi masa-masa memanaskan mobil ini pelbagai sesuai dengan jenis mobil tersebut sendiri. Namun secara umum, 5 menit ialah waktu standar memanaskan mesin. Saat memanaskan mesin, tidak boleh injak pedal gas. Biarkan mesin panas tanpa paksaan.
Ganti oli secara rutin. Mengganti oli mobil usahakan dilaksanakan setiap 3000 km atau 5000 km. Usahakan tidak boleh sampai telat mengubah oli. Di samping itu, pilihlah jenis oli yang cocok dengan kendaraan Anda.
Bersihkan filer karburasi. Filter yang kotor dapat sangat mengganggu performa mesin mobil, terutama saat berkeinginan menyalakannya. Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk mencuci filter karburasi. Saat mencuci bagian ini, tidak boleh menggunakan compressor atau hairdryer. Hal ini justru dapat merusak lapisan filter karburasi.
Pacu kendaraan Anda. Saat mobil lama tidak digunakan, lama-lama mesin bakal berkerak. Bagi menghilangkan kerak itu Anda dapat melakukannya dengan memasuki pedal gas lebih dalam. Dengan demikian, kerak akan terbit dari knalpot dan teknik kerja mesin mobil pun bakal kembali laksana semula.

Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.