LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-Jenis Spare Part Sepeda Motor

KursusMengemudiMajalengka
Jenis Spare Part Sepeda Motor



Sebagai pemakai sepeda motor, pasti kita mesti rajin mengasuh dan mengetahui sejumlah jenis spare part sepeda motor. Ini tentu paling penting, sehingga saat terjadi sesuatu terhadap motor maka kita dapat memperbaiki sepeda motor tersebut sendiri. Apalagi ada sejumlah jenis spare part sepeda motor yang memiliki masa pemakaian yang pendek dan perlu perawatan ekstra. Apalagi laksana yang anda sama-sama ketahui bahwa tidak sedikit komponen sepeda motor yang harganya mahal.

spare part motorNamun pada kenyataannya tidak sedikit pemakai motor yang menyepelekan urusan tersebut. Mungkin sebab kini sudah tidak sedikit bengkel-bengkel terutama bengkel pinggir jalan yang menyediakan sekian banyak  jenis spare part sepeda motor dengan harga yang murah, tetapi kualitasnya tidak terjamin. Nah, sebagai berikut ada sejumlah Jenis Spare Part Sepeda Motor yang memang mesti diperhatikan supaya ketika anda datang ke bengkel guna service rutin tidak bakal keluar tidak sedikit uang.

Aki motor
Kita tahu aki motor adalahkomponen sepeda motor yang urgen dan mesti diperhatikan. Karena faedah dari aki ini ialah sebagai distributor daya guna menghidupkan mesin motor. Di samping itu, aki pun adalahpenyedia tenaga cadangan untuk kebutuhan mesin dan aksesoris kelistrikan di sepeda motor. Oleh karena faedah nya paling vital, maka usahakan guna selalu mengecek aki secara rutin.

Aki guna sepeda motor terdapat dua jenis, yakni aki kering dan aki basah. Aki kering seringkali digunakan oelh motor-motor matic. Di samping tidak perlu mengerjakan perawatan, aki keringnya mempunyai dimensi yang kecil. Namun tidak sedikit yang mengeluhkan aki kering lebih cepat rusak. Berbeda dengan aki kering, aki basah malah waktu pemakainnya lebih lama. Namun tetap aki basah memerlukan perawatan, di mana aki basah ini mesti selalu dipenuhi air aki saat habis.

Oli
Oli pun sangat vital, sebab oli ialah pelumas untuk mesin sepeda motor. Bila olinya saja telah rusak, pasti ini bakal merusak mesin lagipula jika motor itu untuk perjalanan jarak jauh maka ini akan menciptakan mesin menjadi aus. Jika terjadi laksana itu, maka mesin akan bobrok dan macet mendadak dan ini bisa dominan pada komponen lainnya. Oleh sebab itu, usahakan tidak jarang kali mengubah oli paling tidak 1 bulan sekali untuk mengawal mesin tahan lama.

Ban
Ban adalahkomponen urgen untuk suatu sepeda motor sebab ban ialah titik tumpu motor itu untuk dapat berjalan. Jenis ban yang tidak sedikit dipasaran sekarang ada 2 jenis, yakni ban biasa (membutuhkan ban dalam) dan ban tubless. Meskipun kita beli merk dan kualitas terbaik, ban pun punya masa pemakaian, maksimal 1 – 2 tahun, maka usahakan andai sudah melalui masa itu usahakan mesti mengubah dengan ban baru. Jika dipertahankan, situasi ban bakal menjadi buruk dan dapat membahayakan. Kondisi beda di mana mesti memilih mengubah ban baru, andai ban tidak jarang ditambal sebab mudah bocor.

Kampas Rem & Tali Rem
Rem adalahhal terpenting dalam berkendara baik dengan mobil ataupun motor. Dengan rem laju kendaraan dapat dikendalikan. Tanpa adanya rem, dijamin akan tidak sedikit sekali kecelakaan. Namun andai rem bermanfaat dengan baik, dipastikan perjalanan Anda bakal nyaman dan aman. Oleh sebab itu, selalu simaklah kampas rem dan tali rem. Bagi motor yang memakai rem cakram, maka rajin-rajin lah mengerjakan perawatan (service) ke bengkel resmi supaya bisa diperhatikan keadaannya.

Lampu
Kini lampu menjadi spare part atau komponen urgen dalam berkendara di jalan raya. Mengapa tidak ? Karena kini sudah ada ketentuan polisi guna selalu mengobarkan lampu saat berkendaraan baik pagi, siang, dan pun malam. Jika tidak menyalakan, Anda bakal kena tilang. Lampu juga bersangkutan dengan aki, andai lampu menyala cerah maka dijamin aki masih bagus. Namun sebaliknya, andai lampu baik lampu depan dan lampu sen tidak dapat menyala tentu ada masalah pada aki motor Anda.

Rantai / belt
Untuk empunya sepeda motor baik 4 tak maupun matic, rantai/belt adalahkomponen terpenting. Jika tidak ada, maka sepeda motor kita tidak akan dapat kemana-mana alias tidak dapat digunakan. Oleh karena tersebut selalu cek ulang rantai/belt masing-masing hari guna menghindari putus di tengah jalan. Lakukan perawatan rantai dengan menyerahkan oli atau cairan eksklusif untuk menciptakan rantai tidak kotor atau bahkan berisik saat motor jalan.

Busi
Busi pun termasuk komponen penting, sama urusan nya dengan rantai, ban, dan aki. Tanpa busi, motor telah tentu tidak akan dapat dihidupkan. Degan busi, mesin akan mengerjakan pembakaran untuk menghanguskan bahan bakar sampai-sampai motor dapat digunakan. Usahakan guna punya busi cadangan dibagasi motor, sehingga saat dalam perjalanan busi mati akan dapat langsung diganti sendiri tanpa mesti ke bengkel.

Karburator
Karburator jadi bagian urgen dari suatu sepeda motor. Kebersihan dari komponen ini sangat urgen untuk menciptakan transmisi bahan bakar menjadi lancar. Tentu pemeriksaan  karburator seringkali dilakukan saat melakukan service baik service kecil maupun service besar.

Tali Gas
Tali gas pun tergolong penting, di mana terjadi tali gas putus atau macat saat perjalanan akan menciptakan repot dan paling berbahaya. Ini karena dapat membuat putaran mesin menjadi tidak terkendali. Perawatan rutin mesti dilaksanakan secara rutin untuk menyaksikan masih bagus atau tidak tali gas tersebut. Ada tanda-tanda andai tali gas bermasalah, seperti saat menarik gas terasa macet dan tidak cukup lancar. Baiknya andai sudah memahami nya bakal lebih langsung mengubah dengan tali gas yang baru demi kelancaran transmisi bahan bakar.

Semoga tulisan ini dapat membuat semua pemilik kendaraan terutama motor guna lebih menyimak semua komponen penting, sampai-sampai aman dan nyaman dapat dialami ketika berkendara di jalan raya. -apuy-
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.