LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-Komponen Mesin Mobil Lengkap dan Fungsinya

Kursus Mengemudi Majalengka

32 Komponen Mesin Mobil Lengkap dan Fungsinya


Mesin mobil adalahsalah satu unsur di dalam kendaraan mobil yang menjadi penggerak kendaraan. Dengan kegunaannya tersebut, dapat disebutkan bahwa mesin menjadi di antara bagian yang lumayan penting di dalam suatu mobil. Tentunya kamu merasa penasaran bukan unsur apa sajakah yang ada di dalam mesin mobil? Nah sebagai berikut penjelasan tentang komponen di dalam mesin mobil beserta fungsinya.

Secara garis besar, mesin mobil terdiri dari 2 bagian yakni komponen yang tidak bisa bergerak serta komponen yang bisa bergerak. Berikut ini bagian-bagian dari kedua komponen tersebut. (bca juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil)

Untuk komponen mesin yang tidak bisa bergerak antara beda adalah:

Blok silinder atau cylinder block
Kepala silinder atau cylinder head
Bak oli atau carter
Sedangkan guna komponen mesin yang bisa bergerak antara beda adalah:

Poros engkol atau crank shaft
Torak ( piston)
Poros hubungan atau cam shaft
Gigi timing atau timing gear
Mekanisme katup atau valve mechanisme
Roda penerus atau fly wheel
Fungsi komponen-komponen mesin mobil
Di dalam suatu mesin mobil, terdapat sejumlah komponen utama yang menyokong kinerja mesin sebagai penggerak kendaraan. Nah sebagai berikut fungsi dari komponen utama mesin mobil. (bca pun : Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil)

1. Blok Silinder

Blok SilinderSalah satu komponen utama ini adalahdasar dari suatu mesin kendaraan. Pada unsur blok silinder ini terdapat sejumlah buah silinder mesin dan di masing-masing silinder mesin ini mempunyai satu buah piston yang berada di di antara ujung dari batang piston.

Sedangkan guna ujung batang lainnya dihubungkan dengan poros engkol, sampai-sampai naik turunnya dari piston ini lah yang bisa menggerakkan unsur engkol.

2. Silinder

silinderKomponen ini memiliki faedah untuk mengalihkan dan menyusun panas ke tenaga mekanik. Sehingga bila kamu ingin tenaga mesin kendaraan kamu menjadi maksimal, usahakan supaya menjaga supaya tidak terdapat kebocoran pada gas yang dihanguskan pada unsur antara piston dan silinder.

Terlihat paling rumit memang, tapi urusan ini pun tidak bisa kamu sepelekan dalam kendaraan mobil anda. Anda pun harus mengasuh dan bahkan kamu juga dapat mengganti perangkat ini andai kendaraan kamu anda masalah.

Beberapa komponen yang wajib kamu ketahui dengan faedah nya laksana ini memang paling penting. Mengingat tidak sedikit nya komponen yang sedang di kendaraan sangat tidak sedikit dan rumit. Maka ini ialah komponen yang sangat urgen di simaklah dalam kendaraan mobil.

3. Kepala Silinder

kepala silinderKomponen ini dipasang kan pada blok silinder unsur atas dengan teknik di baut dan diserahkan gasket. Biasanya kepala silinder ini tercipta dari gabungan besi tuang dengan almunium yang dapat memberi batas pemuaian.

Di samping itu, pun terdapat ekstra mantel pendingin yang dihubungkan dengan blok silinder supaya memberikan pendinginan pada unsur busi dan katup yang terdapat di dalamnya.

Ini pun adalahkomponen pelengkap dari komponen yang telah di sampaikan di atas. Dengan adanya gambar sehingga kamu bisa membedakan format dan faedah yang terdapat dari komponen di atas.

4. Karter

Komponen mesin mobil ini terletak di unsur bawah blok silinder. Fungsi dari karter ialah sebagai penampung oli mesin. Di dalam karter pun ada ventilasi yang menghubungkannya dengan udara luar. Karter dibaut dan diserahkan tambahan gasket diantara bak engkol dengan karter yang nantinya dapat bermanfaat untuk menghindari kebocoran pada mesin kendaraan

5. Torak atau Piston

Salah satu komponen mesin mobil ini memang diwajibkan untuk bisa bekerja dengan kecepatan maksimal sampai-sampai harus memiliki ciri khas komponen yang tahan terhadap tingkat suhu yang panas serta desakan yang tinggi. Bagian kepala piston memiliki format kepala yang datar namun sejumlah lainnya memiliki format yang cembung.

6. Batang Piston

Komponen ini bermanfaat menghubungkan antara piston dengan poros engkol.

7. Poros Engkol

Komponen ini bermanfaat sebagai pengubah dari gerakan lurus piston yang terdapat pada silinder menjadi gerak memutar melewati batang piston. Di samping itu, faedah lainnya ialah untuk mengawal gerakan piston untuk tahapan selanjutnya.

Di samping komponen utama diatas, mesin mobil pun mempunyai komponen ekstra lainnya yang menolong kinerja mesin mobil, antara beda adalah:

Sekring, bermanfaat untuk menangkal terjadinya konslet pada mesin mobil
Kunci kontak, bermanfaat untuk menghubungkan dan menyimpulkan aliran listrik di dalam mobil.
Amperemeter, bermanfaat untuk mengontrol arus listrik.
Regulator, bermanfaat untuk mengolah aliran arus Ac menjadi arus DC.
Karburator, bermanfaat untuk mencampurkan bahan bakar kendaraan.
In house manifoll, bermanfaat untuk menjadi drainase bahan bakar gas baru
Eks House, bermanfaat untuk menjadi saluran pengasingan sisa pembakaran.
Tutup radiator, bermanfaat menahan desakan air.
Radiator, bermanfaat untuk menampun dan menenangkan air radiator.
Radiator unsur atas, bermanfaat untuk lokasi penampungan air panas.
Radiator unsur bawah, bermanfaat untuk lokasi penampungan air dingin.
Kepala silinder, bermanfaat sebagai dudukan busi serta menjadi ruang bakar.
Tutup kepala silinder, bermanfaat untuk mengayomi mekanisme katup.
Motor starter, bermanfaat untuk menggerakkan pulas mesin
Termostat, bermanfaat untuk mengoptimalkan dari kinerja mesin.
Alternator, bermanfaat sebagai generator listrik serta mensuplai baterai.
Kipas, bermanfaat untuk menenangkan mesin unsur luar dan radiator mesin.
Busi, bermanfaat sebagai pemantik api.
Pompa air, bermanfaat untuk menata sirkulasi dari air pendingin yang terdapat di dalam mesin mengarah ke radiator.
Switch temperatur,berfungsi guna mengontrol suhu pada ketika mesin bekerja.
Blok mesin, bermanfaat sebagai dudukan dari sejumlah komponen laksana poros engkol, busi, dan lainnya.
Pompa bensin, bermanfaat sebagai pemompa bensin.
Stick oli, bermanfaat untuk mengukur situasi dan volume oli mobil
Fly wheel, bermanfaat untuk menjadi penerus putaran mesin kendaraan mengarah ke sistem transmisi dan kopling mobil.
Saringan bensin, bermanfaat untuk menyaring bahan bakar yang mengarah ke pompa mesin.
Pully, bermanfaat sebagai dudukan dari panbell.
Sistem-sistem Pada Mesin Mobil
Di samping komponen yang diterangkan diatas, di dalam suatu mesin mobil pun terdapat sejumlah sistem-sistem yang melengkapi suatu mesin sampai-sampai mesin kendaraan bisa hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.

1. Sistem Starter

Sistem starter atau sistem penggerak bermanfaat untuk menggerakkan mula putaran dari mesin kendaraan melewati roda penerus atau fly wheel dan poros engkol. Sistem penggerak mesin ini digerakan melewati energi yang didapatkan dari baterai. Berikut ini sejumlah komponen mesin yang ada di dalam sistem starter, antara beda adalah:

Baterai
Rellay (jika diperlukan)
Motor starter
Kunci kontak

2. Sistem Pengapian

Baik pada mesin yang memakai bensin ataupun bahan bakar gas pastinya mempunyai sistem pengapian di dalamnya. Sisstem pengapian ini bakal menghasilkan bunga api listrik yang nantinya akan menghanguskan bahan bakar di dalam ruang pembakaran. Sehingga pada mesin yang memakai bensin tidak jarang disebut dengan mesin penyalaan busi. Inilah yang memisahkan antara mesin bensin dengan mesin diesel. Mesin diesel tidak memerlukan penyalaan busi sebab sistem penyalaannya memakai kompresi.


3. Sistem pendinginan

Di samping sistem pengapian, pastinya di dalam suatu mesin kendaraan memerlukan sistem pendinginan untuk menenangkan suhu mesin yang tinggi setelah dipakai bekerja. Suhu yang tinggi ini seringkali dikarenakan oleh pembakaran dari udara dan bahan bakar. Panas tersebut seringkali digunakan sebagai tenaga penggerak dan beberapa lainnya dipakai untuk mendistrisbusikan ke komponen mesin lainnya dan sisanya bakal terbuang ke saluran pengasingan gas. Karena panasnya yang tinggi ini tentunya bisa merusak mesin. Disinilah faedah sistem pendingin itu yang akan menenangkan panas mesin mobil.

Selain menenangkan suhu mesin, sistem pendingin ini bisa menjaga supaya suhu mesin tetap stabil pada tingkat yang telah ditentukan. Sistem pendingin di suatu mesin ada dua prinsip, yakni sistem pendinginan yang memakai udara serta sistem pendinginan yang memakai air. Bagi sistem pendinginan yang memakai air, teknik kerjanya ialah dengan mensirkulasikan air ke saluran-saluran yang terdapat di dalam mesin. Sedangkan pada sistem pendingin yang memakai udara, teknik kerjanya ialah mensirkulasikan udara melewati sirip pendingin.

4. Sistem bahan bakar

Sistem bahan bakar yang terdapat di dalam mesin kendaraan bermanfaat untuk mensuplaikan bahan bakar dan mencampurnya dengan bahan bakar serta udara. Dengan pencampuran dan komposisi yang tepat dapat menciptakan bahan bakar bisa terbakar di dalam ruang pembakaran. Ada 4 jenis sistem bahan bakar yang dipakai pada kendaraan, antara beda adalah:

Sistem bahan bakar injeksi (sistem EFI) yang seringkali digunakan pada mesin kendaraan besin.
Sistem karburator yang seringkali digunakan pada mesin bensin.
Sistem bahan bakar injeski yang seringkali digunakan pada mesin kendaraan diesel.
Sistem bahan bakar gas cair (LPG) atau gas alam yang dipakai untuk kendaraan NGV atau natural gas vichicles.
5. Sistem pengisian

Sistem ini bermanfaat untuk menyuplai energi berupa listrik yang berasal dari baterai. Energi berikut yang nantinya akan dipakai untuk menghidupkan mesin kendaraan serta sistem pengapian pada ketika start. Setelah mesin hidup, bakal ada komponen beda yang menyuplai keperluan listrik dan memenuhi kembali energi dari baterai yang sudah digunakan. Komponen ini bernaman alternator. Prinsip kerja dari alternator ialah mengganti energi mekanik menjadi energi listrik.

6. Sistem Pelumasan

Sistem pelumasan di dalam mesin mobil memiliki sejumlah fungsi, antara lain:

Mencegah keausan pada sejumlah komponen
Mengurangi panas pada komponen mesin
Mengurangi gesekan-gesekan yang tidak jarang terjadi pada komponen berbahan metal.
Melumasi unsur komponen mesin yang bergerak
Membawa kotoran dari sisa-sisa gesekan komponen mesin
7. Sistem Pembuangan Sisa Gas

Sesuai dengan namanya, sistem pengasingan gas sisa bermanfaat untuk mengalirkan gas dari saldo pembakaran ke luar mesin serta untuk meminimalisir kebisingan yang terjadi pada mesin. Di dalam sistem ini terdapat sejumlah komponen yakni pipa pembuangan, drainase pembuangan, dan peredam.

Berikut ialah beberapa komponen mobil menyeluruh dan kegunaannya yang mesti kamu ketahui bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil supaya jika nanti terdapat ke anehan di mobil kamu maka kamu langsung memahami ada kehancuran apa yang terjadi.


LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.