LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-6 Penyebab Motor Susah Hidup Di Pagi Hari + Solusi Tepatnya

KursusMengemudiMajalengka
6 Penyebab Motor Susah Hidup Di Pagi Hari + Solusi Tepatnya

Mungkin kamu pernah menemui situasi dimana motor kamu susah guna dihidupkan. Kalau seringkali mesin bisa hidup dalam satu kali start, maka ini dapat memerlukan tiga sampai lima kali start supaya mesin hidup. Apa penyebabnya ?

Yang semakin membingungkan, situasi ini melulu muncul pada saat-saat tertentu seperti saat kita menghidupkan motor dipagi hari atau saat suhu mesin dingin.

Tapu kamu jangan bingung dulu sebab diartikel ini anda akan membahasnya secara menyeluruh bersangkutan motor yang susah distarter dipagi hari.

Penyebab Motor Sulit Hidup Saat Dingin



Saat suhu mesin masih dingin, maka panas yang terbentuk saat tahapan kompresi akan dipecah ke komponen mesin. Sehingga total suhu akhir saat tahapan kompresi lebih rendah dari normalnya. Inilah yang menciptakan motor kadang susah dihidupkan ketika pagi hari.

Tapi seluruh motor telah mempunyai sistem untuk menanggulangi hal ini, bila motor karbu tersebut ada choke. Kalau motor injeksi, telah diset secara otomatis pada ECU. Sehingga mestinya tidak terdapat masalah motor susah hidup dipagi hari.

Tapi bila kenyataannya masalah diatas hadir, maka terdapat masalah pada motor anda. Penyebabnya bermacam-macam, namun yang sangat sering terdapat 6 yaitu ;

1. Baterai Lemah

Masalah yang kesatu sering dirasakan oleh motor-motor matic. Mengapa ? sebab motor ini sulit bila harus memakai kick start. Sehingga empunya motor tidak jarang kali mengandalkan electric starter guna menghidupkan mesin.

Ini memang bukan masalah, namun aki motor pun ada batas pakainya lagipula kalau tidak jarang digunakan.

Ketika anda start mesin, energi yang dipakai oleh motor starter itu lumayan besar. Dan energi ini secara normal disediakan oleh aki, tetapi saat aki mendekati batas pakainya kapasitas energi listrik yang mampu ditabung juga berkurang.

Hal ini mengakibatkan daya listrik yang disalurkan ke motor starter tidak sebesar biasanya. Sehingga RPM motor starter melemah dan putaran ini tidak lumayan kuat guna menghidupkan mesin ketika suhunya masih dingin.

Gejala aki yang lemah, bisa kamu rasakan saat menekan tombol start motor starter tidak langsung hidup. Namun terdapat jeda bahkan terkadang motor starter mati dan dalam sekejap hidup lagi walau kita terus mengurangi tombol starter.

Kalau fenomena ini muncul, kamu harus mengerjakan perbaikan aki motor. Bagi aki regular/aki basah kamu bisa meningkatkan atau mengubah air akinya. Sementara pada aki sealed/aki kering kamu harus menggantinya.

2. Fuel pump bermasalah

Pada motor injeksi, fuel pump bermanfaat untuk memompa bensin kedalam injektor. Sehingga ketika injektor terbuka, bensin langsung keluar dampak desakan desakan dari fuel pump.

Itu yang terjadi saat mesin sedang hidup normal. Ketika mesin dimatikan, fuel pump pun mati tetapi tekanan bahan bakar tidak drop sebab ada komponen relieve valve yang mengawal tekanan didalam sistem injeksi.

Yang jadi masalah, ialah relieve valve ini yang juga dapat melemah ketika dipakai secara terus menerus. Akibatnya, ketika mesin dimatikan dalam masa-masa semalaman desakan bahan bakar menjadi drop.

Saat dipagi hari anda tekan tombol start, mesin tidak langsung menyala sebab bensin tidak terbit dari injektor disebabkan tidak ada tekanan tekanan dari fuel pump.

Memang saat fuel pump bakal secara otomatis bekerja saat mesin dinyalakan. Tetapi sebab sebelumnya desakan didalam drainase injeksi drop maka butuh waktu untuk membalikkan tekanan normal. Sehingga butuh tiga atau lebih proses starting baru mesin dapat menyala.
Solusinya, sebab relieve valve ini terletak didalan fuel pump maka saya dan anda butuh menurunkan fuel pump dan memeriksa situasi relieve valve ini. Kalau lemah maka mesti segera diganti. Tapi sebelum kamu mendeteksi masalah ini, lihat dulu speedometer motor anda. Karena bila fuel pump bermasalah tentu cek engine bakal menyala.

3. Tekanan kompresi rendah

Kompresi mesin dipakai untuk mengubah gabungan udara dan bahan bakar menjadi satu molekul gas yang mempunyai temperature tinggi dan sangat gampang terbakar meski dirangsang percikan yang kecil.

Besar kecilnya desakan kompresi telah diset oleh pabrikan yang seringkali berkisar antara 9 sampai 10 banding 1.

Semakin besar desakan kompresi mesin, maka suhu gabungan udara dan bensin bakal semakin bertambah dan semakin gampang pula guna dibakar. Namun bila tekanan kompresinya malah berkurang, keterampilan flamable dari gas itu akan menurun.

Sehingga cipratan busi tidak lumayan kuat untuk merangsang terjadinya pembakaran mesin. Tetapi, mesin bisa hidup kembali saat suhunya agak panas. Ini sebab suhu gas didalam ruang bakar pun mengalami penambahan berkat suhu mesin.

Biasanya, desakan kompresi rendah ini diakibatkan karena ring piston yang merasakan keausan atau silinder mesin yang merasakan keausan.

Gejala beda yang mengikuti, motor jadi tidak cukup bertenaga dan terdapat asap putih yang terbit dari dalam knalpot.

Solusinya, kamu perlu mengerjakan penggantian ring piston didalam mesin yang mewajibkan motor di overhoule (turun mesin).

4. Campuran bensin terlampau kurus

Terkadang komparasi bensin yang tidak pas juga dapat menyebabkan motor kita susah dihidupkan. Idealnya, komparasi udara dan bensin tersebut sekitar 14 : 1.

Kalau ternyata jumlah bensin lebih tidak banyak dari jumlah ideal atau dengan kata lain gabungan kurus lagipula saat mesin dingin maka gas didalam ruang bakar tidak berisi tidak sedikit bahan bakar akibatnya tidak gampang untuk dibakar.

Ini terjadi pada motor-motor karburator, dimana ketika suhu mesin dingin bensin yang terbit dari dalam venturi langsung mengembun pada dinding intake yang suhunya lebih dingin, sampai-sampai bensin yang masuk kedalam ruang bakar jadi semakin berkurang.

Solusinya, saya dan anda butuh menggunakan choke guna memperbanyak gabungan bensin yang masuk ke ruang bakar.

Tapi, terdapat penyebab lain yaitu setelan karbu yang tidak pas. Setelan ini sangat memprovokasi idle speed mesin. Sehingga anda start mesin tanpa unik gas maka mesin akan susah hidup.

Kalau ini yang terjadi, maka kamu bisa langsung resetting karbu. Ada dua buah penyetel, yaitu penyetel udara dan penyetel gas. Putar keduanya sampai ditemukan RPM yang stabil (tidak brebet).

5. Api busi terlampau kecil

Api yang terbit dari dalam busi telah distel oleh pabrikan dengan pas. Namun, terkadang busi ini merasakan suatu permasalahan. Contoh terdapat kerak yang menyelimuti elektroda sampai-sampai listrik yang mengalir ke elektroda busi tidak bisa menghasilkan cipratan api dengan sempurna.

Hal beda yang pun menjadi penyebab ialah karena kekeliruan memilih busi. Ini sebab setiap busi mempunyai spek yang berbeda, kalau kamu memilih busi dengan nilai tahanan lebih banyak maka api yang terbit dari busi pun lebih kecil.

Masalah ini, butuh penanganan eksklusif oleh karena tersebut untuk mengatasinya dapat cek link inilah ; teknik memeriksa busi apa masih hidup atau mati dengan mudah.

6. Brush starter aus

Brush atau sikat ini bermanfaat untuk menyalurkan listrik ke rotor yang berputar didalam dinamo starter. Karena terus bergesekan, lama-kelamaan brush ini bakal aus atau kemakan. Sehingga pada sebuah waktu listrik yang mestinya disalurkan ke rotor jadi tidak maksimal.

Akibatnya sama laksana aki tekor, starter motor bakal macet-macetan sampai-sampai mesin pun sulit guna dihidupkan.

Untuk fenomena ini, tidak terdapat indikasi berupa lampu periksa engine yang menyala. Sehingga guna mendeteksi brush benar-benar aus, kamu perlu merombak dinamo starter. Karena ini masuk ke kegiatan rumit, lebih baik kamu serahkan ke bengkel guna masalah ini.

Demikian tulisan lengkap dan detail tentang penyebab dan teknik mengatasi motor sulit hidup di pagi hari. Semoga dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat untuk kita semua.
LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.