LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-Cara Memperbaiki AC Mobil

KursusMengemudiMajalengka

Cara Memperbaiki AC Mobil
Dalam Artikel Ini:Memahami AC MobilMemperbaiki AC
Pernahkah kamu kepanasan di dalam mobil sebab AC rusak? Ini tuntunan singkat tentang teknik kerja AC, kenapa AC rusak, dan apa yang bisa kamu lakukan.

Metode 1
1. Memahami AC Mobil
Ketahuilah, AC sebenarnya serupa kulkas, melulu tampilannya berbeda. AC didesain untuk mengalihkan panas dari satu lokasi (dalam mobil anda) ke lokasi lain (di luar). Kita tidak akan merundingkan setiap jenis AC pada masing-masing merk mobil di sini, tetapi penjelasan mengenai AC disini akan menyerahkan pemahaman bagi kamu untuk bisa berkata dengan jelas untuk mekanik AC sesungguhnya.

2. Memahami komponen utama AC mobil:
Kompresor: Mengkompresi dan mensirkulasikan zat pendingin di dalam sistem AC
Freon: pada mobil modern, freon memakai jenis R 134a, dan pada mobil lama memakai freon R 12, yang sekarang kian mahal dan langka, pun membutuhkan ijin guna penjualannya. Freon tugasnya menghilangkan hawa panas.
Kondensor : guna merubah format freon dari gas menjadi cair dan menlenyapkan hawa panas dari mobil.
Katup expansi : bertugas menjadi semacam pentil yang bermanfaat me nurunkan desakan cairan freion, mengukur alirannya dan mengatomisasinya.
Evaporator: Bagian ini menenangkan udara yang disemburkan melaluinya, sampai-sampai udara menjadi dingin.
Receiver/dryer: Ini bermanfaat sebagai filter freon / oli, menghilangkan kelembaban dan kotoran lain.

3. Memahami proses pendinginan udara. Pada intinya, kompresor mengurangi frion dan mengirimnya ke sirip pengembun. Umumnya sirip ini ada di unsur depan radiator mobil anda.
Menekan gas bakal membuatnya panas. Dalam kondensor, panas bakal bertambah, dan panas yang diciduk pleh freon bakal dikeluarkan ke udara luar. Saat suhu freon menurun ke titik saturasinya, freon bakal berubah ujud dari gas menjadi cair. Cairan lantas mengalir melewati katup expansi, mengarah ke evaporator, dan unsur cair dari ffreon bakal menyerap panas dari udara melewati sirip-sirip dan menguapkannya.
Blower AC meniupkan udara melewati evaporator yang dingin mengarah ke interior mobil anda. Freon pulang ke siklus pendinginan awal.


Metode 2
Memperbaiki AC
1. Lihat apakah freon bocor (artinya tidak terdapat zat yang menyerap panas). Kebocoran gampang dideteksi namun tidak mudah dibetulkan tanpa membongkarnya. Kebanyakan toko suku cadang mobil meluangkan cairan pewarna yang dapat ditambahkan ke dalam sistem guna mendeteksi kebocoran, dan ada tuntunan pada kalengnya. Jika kebocoran lumayan besar, sistem tidak mempunyai tekanan yang lumayan untuk bekerja. Cari pentil unsur bawah dan cek tekanannya.
Jangan pakai apapun guna menusuk pentil untuk menyaksikan apakah terdapat gas yang keluar, ini tidak diijinkan. ini dinamakan venting.

2. Pastikan kompresor berputar.
Nyalakan mesin dan AC, cek di bawah kap mesin. Kompresor ac seringkali benda berbentuk pompa yang pada sisinya terdapat slang besi dan karet mengarah ke kepadanya. Mungkin tidak terdapat penutup, namun ada dua katup berbentuk pentil sepeda. Puli di unsur depan kompresor ialah puli unsur luar dan sambungan unsur dalam yang bakal berputar ketika AC dinyalakan.
Jika AC dan blower menyala, namun bagian tengah dari puli tidak berputar dengan kata lain kompresor tidak berputar. Ini dapat disebabkan oleh sekring yang putus, masalah perkabelan, switch AC yang rusak, atau sistem kelemahan Freon. Pada lazimnya sistem AC mempunyai sistem pengaman yang akan menyimpulkan arus andai freon tidak cukup.

3. Lihat bagian beda yang mungkin tidak cukup benar. Masalah beda yang barangkali terjadi pada AC ialah saklar yang rusak, sekring putus, kabel putus, fanbelt putus (mengakibatkan kompresor tidak berputar), atau kehancuran seal di dalam kompresor.

4. Rasakan apakah terdapat udara dingin. Jika terdapat udara dingin namun melulu sedikit, barangkali ini diakibatkan hanya sebab tekanan yang kurang, dan kamu bisa menambahkan freon. Biasanya toko suku cadang meluangkan freon beserta petunujuk pengisiannya. .
Jangan isi terlampau banyak! Menambahkan freon melebihi rekomendasi tidak bakal menambah keterampilan pendinginannya, namun malahan bakal menguranginya. Sebenarnya, dengan perangkat yang lebih mahal pada bengkel AC bakal memonitor situasi sebenarnya pada AC kamu saat menambahkan freon. Saat pendinginan berkurang, kurangi tekanannya hingga kemampuannya bertambah lagi.

Tips
Jika kamu mencurigai adanya kabel yang rusak, pada lazimnya kompresoe mempunyai kabel yang menuju switch elektrik. Cari konektor pada kabel tersebut dan lepaskan. Ambil kabel secukupnya, hubungkan kabel dari kompresor ke terminal plus (+) pada aki anda. Jika kamu mendengar suara TAK, switch elektrik tidak rusak, dan kamu harus mengecek perkabelan pada sisi mobil anda. Jika kamu tidak mendengar apapun, switch elektrik dengan kata lain telah bobrok harus diganti. Idealnya, bila kamu bisa mengerjakan tes ini ketika mesin menyala, kamu bisa menyaksikan apakah kompresor berputar. Hati hati dengan jari atau baju kamu jangan sampai terpapar bagian berputar. Dengan demikian, kerusakan dapat dipastikan bukan berasal dari switch, namun mungkin diakibatkan karena belt kendur dan licin sampai-sampai tidak dapat menyerahkan tekanan yang cukup.
Freon yang mungkin kamu perlukan ialah HC12 yang tidak banyak lebih tidak sedikit dipakai di Eropa. R12 bermanfaat lebih baik daripada R12 atau R134a. Ini lebih gampang terbakar. HC12a tidak diijinkan di tidak sedikit negara unsur Amerika, tergolong Arkansas, Arizona, Connecticut, Florida, Idaho, Iowa, Indiana, Kansas, Louisiana, Maryland, Montana, Nebraska, North Dakota, Oklahoma, Texas, Utah, Virginia, Washington, Wisconsin, dan Distrik Columbia. HC12a lebih ramah lingkungan dikomparasikan R12 atau R134a, namun sebab HC12a berisi hidrokarbon, ini dapat menimbulkan emisi VOC. Freon jenis ini mesti dipesan melewati internet sebab tidak terdapat pada toko. Masalahnya ialah bengkel AC barangkali tidak dapat mengerjakannya sebab membutuhkan perangkat khusus. Mengunakan R12 atau R134a ialah pilihan yang lebih aman.
Kadang-kadang masalahnya bukan pada freon. Mungkin terdapat masalah dengan radiasi panas yang berasal dari ruang mesin, yang menurunkan keterampilan AC guna mendinginkan. Anda dapat mencoba menyekat / membalut slang pendingin AC di sekitar mesin untuk meminimalisir pengaruh panas mesin terhadapnya.
Jika AC mobil kamu bocor meskipun pipa pengasingan bersih, barangkali ada air yang menginjak sistem AC ketika mengemudi dalam hujan.
Akan ada tidak banyak oli pada sistem anda.

Peringatan
>Memeriksa freon dengan mengurangi pentil untuk menyaksikan gas yang keluar ialah illegal sebab melepaskan gas yang riskan kedalam udara. (Jangan sampai kamu lakukan dengan R 12!) Meskipun legal untuk meningkatkan sistem yang bocor, kamu harus yakin dengan peraturan wilayah anda. Beberapa lokasi mempunyai hukum yang tidak mengizinkan hal ini sebab emisi yang ditimbulkan. Mengeluarkan freon, tergolong R134a, pun illegal di Amerika, jadi patuhilah.
>Jika kamu memiliki dalil untuk mencurigai bahwa freon kamu bocor seluruhnya (pengukur desakan yang kamu beli di toko suku cadang mengindikasikan 0 PSI; kompresor tidak bakal berputar sebab ia mendeteksi tidak adanya tekanan), maka lebih baik kamu serahkan pada ahlinya kecuali kamu telah mahir. Namun bila kamu membaca tulisan ini, artinya kamu bukan seorang ahli. Alasannya merupakan, freon yang bocor seluruhnya tidak dapat menangkal udara dan kelembaban untuk menginjak sistem melewati celah kebocorannya. Udara dan kelembaban ialah musuh utama sistem AC. Bagaimana urusan ini dapat merusak sistem ialah di luar jangkauan dari tulisan ini, tetapi sudah dapat dikatakan, jangan ada udara atau kelembaban di dalam drainase ac. Dryer mesti diganti, sebab dalam urusan ini dryer tentu telah menyerap kelembaban dan tidak bermanfaat lagi, dan sebelum kamu menggantinya, sistem mesti di vacuum dulu untuk menerbitkan semua udara dan kelembaban dari dalamnya. Biarkan berpengalaman AC yang mengerjakan hal ini, dan kamu cukup melulu membayar ongkos perbaikan kebocoran. Namun bila kamu mencoba memperbaikinya sendiri, kamu mungkin mesti melakukannya lagi sejumlah bulan kemudian, pun kerusakan kompresor, kondensor, katup expansi, dapat juga bobrok karenanya.
>Jauhi kebocoran besar freon. Pada ketika ini memancar, akan memunculkan udara yang paling dingin yang dapat membekukan kulit anda.
>Hati hati ketika menguban sistem kamu dari R12 menjadi R134a. Ada kit konversi yang mesti kamu beli di toko, mungkin pun di WalMart, dinamakan "black Death Kits" oleh semua mekanik AC. Seringkali, freon R134a baru tidak dapat bekerja dengan oli lama dan akan menciptakan kompresor kamu terbakar. Oli oada sistem dengan R12 berisi klorin yang bakal menghancurkan oli PAG atau POE pada sistem dangan freon R134a. Satu-satunya cara ialah dengan mengganti borongan oli yang ada di dalam kompresor, ganti Dryer, dan bilas seluruh saluran, evaporator dan kondensor dengan alat eksklusif den lantas divacuum, dan isikan R134a selama 70-80% berat dari R12, dan situasi pendinginan yang lebih buruk dari R12. Lebih gampang untuk tetap memakai R12 dengan membelinya melewati eBay. Anda butuh ijin guna membeli/menjual R12.
Ketahuilah bahwa peringatan diatas barangkali kontroversial. Beberapa mekanik ac mengklaim bahwa mereka dapat mengkonversi tanpa masalah.
Hati hati terhadap kipas dan belt yang berputar!
>Anda barangkali tidak dapat menemukan bengkel yang akan melulu mengisi freon, andai mereka mengasumsikan ada kebocoran pada sistem anda. Jika kamu memperbaiki kebocoran sendiri, ialah legal untuk memenuhi freon dengan R134a, tetapi tidak dengan R12. Namun ijin untuk melakukan pembelian R12 tidak susah, via online dan melulu berbiaya $20.
>Jangan hubungkan kaleng freon, atau kaleng detektor kebocoran melewati jalur desakan tinggi pada sistem. Ini seringkali ditandai dengan tanda H atay HIGH atau dengan tutup pentil merah. Kaleng bis meledak dan menyakiti anda.
>HC12 dan R-134A tidak dapat terbakar pada suhu ruangan, tapi dapat menimbulkan desakan dan suhu tinggi dalam situasi tertentu (kontak dengan sejumlah metal reaktif). Keduanya pun menyerap oksigen, jadi tidak boleh lepaskan ke udara dalam ruangan sempit tanpa ventilasi.
Kursus Mengemudi Majalengka

LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR


Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

1 comment:

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.