LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-Cara Menyetel Ketinggian Kopling

Cara Menyetel Ketinggian Kopling All New Xenia-Avanza

Kopling ialah bagian dari mesin mobil yang salah satunya bermanfaat untuk menolong perpindahan gigi pada mobil. Kopling ini memilik sejumlah bagian yaitu, Clutch Cover (Rumah Kopling), Kampas Kopling, Release Fork (Garpu Pembebas), Releasing Bearing (Pemutus Putaran dari Mesin), Kabel Kopling, dan Pedal Kopling. Di sini anda akan berkata tentang pedal kopling, yakni bagaimana teknik menyetel elevasi pedal kopling atau menata jarak gerak bebas (Free Play) pedal kopling supaya aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman dan cocok dengan selera pengemudi.

Pada mobil All New Xenia pedal kopling masih memakai kabel kopling begitu pun untuk All New Avanza mesin 1300 cc masih memakai kabel kopling, di sini anda akan mengatur elevasi kopling dengan menyetel tarikan kabel koplingnya. Kopling yang telah bermain pada jarak rendah akan mempermudah kaki kiri pengemudi saat perpindahan gigi khususnya pada ketika macet yang tidak jarang berhenti dan berlangsung (stop and go).

Setelan kopling yang tinggi dan rendah terasa nyaman ini di kembalikan untuk selera pengemudi masing-masing, sebab ada yang lebih nyaman dengan kopling yang tinggi dan ada pun yang lebih senang dengan kopling yang lebih rendah (jarak pedal ke lantai mobil). Bagi mobil baru terbit dari pabrik seringkali disetel dengan jarak kopling yang tinggi laksana pada mobil All New Xenia dan Avanza. Cara mengatur elevasi pedal kopling mobil ini dapat dilaksanakan dengan mudah, terdapat yang cuma di tata dari dalam kap mesin, tetapi ada pun yang perlu di tata dari bawah mobilnya yakni kita mesti masuk ke bawah mobil supaya dapat menyetel koplingnya (ngolong). Di samping mengatur elevasi kopling (ketinggian pedal saat kopling mulai bermain) kita pun perlu menata Jarak Bebas (Free Play) Pedal Kopling cocok dengan kriteria paling tidak dan maksimal dari Free Play.
Pedal Kopling.
Cara Mengatur Ketinggian Kopling:
Untuk menata atau menyetel elevasi kopling All New Xenia-Avanza saya dan anda butuh memutar pangkal kabel yang terhubung ke unsur mesin yakni yang terhubung ke lokasi tinggal transmisi yakni kita mesti menyetelnya melewati bawah mobil tepatnya di bawah pedal kopling mobil anda. Cari kabel kopling yakni yang di unsur ujungnya ada plastik laksana baut laksana gambar di bawah ini. Silakan putar sehaluan jarum jam (ke kanan) untuk menyanjung kopling (jika disetel sehaluan jarum jam, maka kopling bakal bermain saat kaki diusung lebih tinggi) ini bermanfaat untuk menyanjung kopling. Sedangkan guna menurunkan atau merendahkan atau elevasi kopling mulai bermain bakal direndahkan atau dilebih rendahkan, maka silakan putar bertentangan jarum jam atau putar ke arah kiri. Silakan atur putaran hingga selera yang diharapkan dengan mengupayakan menekan pedal kopling dan mengupayakan berjalan maju atau mundur, andai belum pas silakan masuk ke bawah mobil pulang dan putar lagi ke arah yang diinginkan. Setiap ½-1 putaran silakan diperiksa ketinggian pedalnya.


Cara Mengatur Jarak Bebas (Free Play) Pedal Kopling:
Free Play atau jarak bebas ialah jarak pedal kopling tidak bermain saat di tekan dari atas. Ketinggian Jarak Bebas ini normalnya berkisar 15-25 mm (1,5-2,5 cm), teknik mengukurnya yakni dengan mengurangi dengan lembut pedal kopling dengan memakai jari tangan hingga adanya terasa tidak banyak tahanan, itulah yang disebut jarak bebas atau free play. Setelah menurunkan elevasi kopling, maka free play pedal kopling akan meningkat (terasa kendor). Maka butuh dilanjutkan dengan penataan jarak bebas ini. Cara menyetel jarak bebas (free play) pedal kopling ini lumayan mudah, yaitu melulu dengan memutar baut yang berukuran 14 mm dengan memakai kunci ring ukuran 14 mm (lihat gambar di bawah). Baut ini bermanfaat untuk mengurangi pedal ke arah bawah andai diputar sehaluan jarum jam (dikencangkan) atau diputar ke arah kanan, sampai-sampai pedal kopling bakal turun dan jarak bebas pun bakal berkurang. Jika hendak meninggikan pedal kopling maka putar sehaluan jarum jam (maka penekanan pada pangkal pedal bakal berkurang dan pedal pun bakal meninggi.


Mana yang lebih dahulu?
Jika hendak menurunkan kopling, maka atur dulu elevasi kopling dengan memutar pangkal kabel kopling yang terhubung ke lokasi tinggal transmisi baru setelah tersebut atur jarak bebasnya. Sedangkan bila hendak meninggikan kopling, silakan perbanyak jarak bebasnya dahulu baru ditingkatkan koplingnya. Baca pun Setel Kopling Avanza/Xenia tanpa Ngolong.


LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.