LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-5 Komponen Wiper Pada Mobil + Fungsinya

KursusMengemudiMajalengka
5 Komponen Wiper Pada Mobil + Fungsinya 
 Winshield system atau lebih tak asing disebut wiper adalahmekanisme pengusap kaca depan mobil untuk mencuci embun air pada permukaan kaca depan mobil. Pada tulisan sebelumnya anda telah membicarakan tentang teknik kerja wiper mobil. 
Pada tulisan kali ini, anda akan menjabarkan satu persatu komponen yang berinteraksi pada mekanisme dan kelistrikan wiper. Lalu apa saja komponennya ? Komponen Wiper Mobil dan Fungsinya Total ada selama 5 komponen pada wiper yaitu ;

1.Wiper blade

  Kalau diartikan, wiper blade ialah pedang wiper. Memang bentuknya serupa seperti pedang, tetapi wiper blade tidak dipakai untuk membabat apapun tapi dipakai untuk membabat air yang menempel pada permukaan kaca mobil.  Wiper blade sendiri terdiri dari frame dan karet, frame dipakai sebagai rangka guna melekatkan karet wiper. Karet wiper berikut yang dapat membersihkan air pada permukaan kaca mobil. Karet lentur ini, bakal mengusap kaca mobil secara bolak balik. Karena sifatnya yang lentur maka kaca ini dapat membersihkan air yang diusap tanpa memunculkan baret pada kaca mobil. 2. Wiper arm
  Wiper arm ialah komponen yang letaknya dibawah wiper blade, faedah wiper arm ialah sebagai lengan penghubung antara unsur mekanisme penggerak wiper dengan wiper blade. Di samping itu, wiper arm juga dipakai meyakinkan wiper blade menempel ke kaca mobil. 
Kalau kamu lihat, terdapat pegas didalam wiper arm. Pegas ini digunakan untuk memberi efek desakan pada wiper blade sampai-sampai karet pada wiper blade dapat sedikit mengurangi kaca. Ini akan menciptakan proses pengusapan air menjadi lebih rata.
 3. Wiper link mechanism
Mekanisme peNggerak wiper kegunaannya ada dua yakni mengolah gerakan putar motor menjadi gerakan bolak balik dan mengalirkan gerakan bolak balik mengarah ke dua wiper arm yang tersedia. Untuk mendukung faedah ini, maka wiper link mechanism terdiri dari sejumlah bagian antara beda ;
 Crank rod, bermanfaat untuk mengolah gerakan putar menjadi gerakan bolak balik bareng connecting rod.
Connecting rod, bermanfaat untuk menghubungkan gerakan dari crank rod ke lengan wiper.
Wiper short arm, adalahlengan wiper pendek yang ada didalam wiper link mechanism. Ujung lengan pendek ini, bakal dibaut dengan wiper arm dan ujung satunya terletak pada engsel atau pivot arm.
Pivot arm, adalahporos lengan wiper supaya lengan wiper dapat bergerak secara bolak balik.
Wiper link, adalahsebuah batang yang menghubungkan short arm kiri dengan yang kanan. Sehingga, wiper dapat bergerak bersama-sama. 
 4. Wiper motor  
 Fungsi wiper motor ialah sebagai pengubah energi dari energi listrik menjadi energi putar. Disinilah sumber tenaga wiper berasal, motor yang terdapat pada wiper pun sama laksana motor listrik DC pada umumnya. Hanya saja, disini ada mekanisme pereduksi putaran motor. 
Bisa kamu lihat, pada poros motor wiper ada worm gear. Worm gear ini bakal mereduksi putaran motor jauh lebih lambat. Sehingga walau putaran motor tinggi, wiper tetap bakal bergerak santai. Tujuan reduksi putaran ini tidak lain supaya gerakan lengan wiper dapat lebih teratur.
 5. Wiper electricity control

  Terakhir, wiper bisa bekerja dengan normal bilamana ada susunan kelistrikannya. Rangkaian kelistrikan wiper dapat dibilang agak rumit sebab wiper mempunyai satu saklar dengan variasi kecepatan berbeda, atau serupa seperti kipas angin. Ada kecepatan rendah, terdapat kecepatan sedang dan terdapat kecepatan tinggi. Beberapa komponen yang terdapat pada unsur pengontrol kelistrikan wiper ialah ; Baterai, sebagai sumber listrik guna menggerakan motor wiper. Saklar kombinasi, bermanfaat untuk menggiatkan sistem wiper cocok dengan mode kecepatan yang dikehendaki. Fuse, bermanfaat sebagai pengaman komponen kelistrikan dari lonjakan arus besar. Relay, bermanfaat untuk menjembatani listrik dari baterai supaya bisa langsung masuk ke motor tanpa berputar-putar lebih jauh. Kabel penghubung, bermanfaat sebagai distributor listrik ditiap komponen.



LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.