LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-Cara mudah ganti oli motor sendiri

KursusMengemudiMajalengka

Cara mudah ganti oli motor sendiri

Ilustrasi pengisian oli pada motor
Oli atau pelumas, merupakan salah satu elemen vital pada kendaraan, baik itu mobil atau sepeda motor. Jika pada mobiloli mesin diganti setiap 10.000 km, maka pada motor jaraknya lebih singkat, yakni 3.000 km, atau dalam kurun 1-2 bulan.
Fungsi pelumas pada kendaraan bermotor berperan mengurangi gesekan antarkomponen yang terbuat dari logam, membersihkan serpihan logam akibat putaran mesin, serta menjaga mesin agar tetap stabil dari gejala panas berlebihan (overheat).
Jika memiliki kendaraan, Anda disarankan tidak lalai untuk mengganti oli. Sebab pelumas mesin yang terlalu lama dipakai dan melewati batas kilometer yang ditentukan, akan berdampak fatal pada kinerja mesin. Khususnya pada bagian penting mesin seperti piston, setang seher, blok silinder, serta komponen logam lainnya.
Bahkan pada kondisi ekstrem misalnya, oli yang terkuras habis pada mesin kendaraan mengakibatkan mesin bermasalah. Jika ini terjadi, maka tentunya Anda harus megeluarkan kocek yang lebih besar saat servis di bengkel resmi.
Pada mobil, ganti oli sebaiknya dilakukan di bengkel karena akan merepotkan jika dilakukan sendiri. Akan tetapi, tidak untuk motor. Anda bisa dengan mudah untuk menguras oli lama dari mesin dan mengisinya dengan oli baru.
langkah untuk mengganti oli motor cukup mudah, namun tetap butuh ketelitian.
Perkakas yang dibutuhkan tak banyak, cukup kunci pas nomor 14/15, atau sesuai ukuran baut lubang saluran pembuangan oli pada motor Anda. Siapkan juga lap, wadah, dan, tentunya, oli baru yang sesuai takaran.
Pertama, sebelum membuka baut saluran pembuangan oli pada bagian bawah mesin, gunakan standar samping agar motor berposisi miring. Pada posisi tersebut oli motor akan lebih cepat mengalir turun dan terkuras sempurna.
Kemudian siapkan wadah tepat di bawah lubang pembuangan oli agar tak tercecer. Lalu buka baut penutup saluran pembuangan oli secara perlahan.
Patut diingat, jangan membuka baut pembuangan oli saat kondisi mesin masih panas.
Setelah baut pada saluran pembuangan dibuka, oli akan mengalir turun. Kesempatan ini juga dapat Anda gunakan untuk membuka dan membersihkan saringan oli dan penyekat (seal) pada lubang pengisian oli di bagian atas.
Jika Anda tak memiliki kompresor untuk membersihkan lubang oli, cukup melakukan kick starter (jika ada) agar sisa oli yang menempel pada gir-gir mesin mengalir keluar. Hal ini dilakukan sebentar saja.
Setelah yakin semuanya bersih, pasang kembali baut saluran pembuangan oli. Kemudian masukkan oli baru sesuai takaran pada lubang pengisian.
Posisikan motor Anda pada standar tunjang ganda, tujuannya agar luapan oli lebih merata ke seluruh area komponen mesin.
Setelah semuanya selesai, Anda dapat menyalakan mesin motor dan mendiamkannya beberapa saat agar komponen mesin berkontraksi dengan oli hingga meresap.
Lalu panaskan mesin dan jalankan motor Anda sebentar sebelum kembali digunakan untuk beraktivitas.
Selamat mencoba.
LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN

MUSTIKA WANGI

KURSUS OTOMOTIF

MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN

MONTIR SEPEDA MOTOR


Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 

Telp. (0233) 883678 – 08122196016

Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.