MENGGANTI PELUMAS MESIN
Sama seperti mesin lain, mesin mobil pun bisa mengalami kerusakan akibat usia dan pemakaian. Saat bekerja, komponen logam mengalami gesekan yang menimbulkan panas dan dapat menyebabkan kerusakan dini. Oli atau pelumas mesin membantu menjaga mesin dalam kondisi baik melalui empat fungsi utamanya:
1. | Mengurangi gesekan sehingga meningkatkan performa kendaraan dan menghemat konsumsi bahan bakar |
2. | Menurunkan suhu mesin agar mesin tetap dingin |
3. | Melindungi permukaan mesin dari korosi dan serangan reaksi asam |
4. | Mempertahankan kebersihan mesin secara keseluruhan dengan menyingkirkan kotoran yang terakumulasi |
Komposisi pelumas terdiri dari 30% bahan aditif dan 70% minyak dasar. Aditif antioksidasi, antirusak, dan detergenlah yang menjaga mesin tetap dingin, bebas korosi, dan bersih.
Mengapa pelumas mesin perlu diganti?
Setelah pemakaian beberapa waktu, pelumas mesin dapat habis sehingga perlu diganti. Mengganti pelumas mesin adalah kunci menjaga performa kendaraan, dan bisa jadi merupakan salah satu langkah terpenting agar mobil selalu bekerja dengan baik. Frekuensi penggantian pelumas ditentukan oleh kondisi mobil dan kebiasaan berkendara. Dalam prosesnya, pelumas dan filter lama dikeluarkan untuk ditukar dengan pelumas dan filter baru; sederhana, namun Anda harus punya persiapan matang.
Mengganti pelumas mesin
Ada beberapa cara untuk mengganti pelumas. Cara paling umum adalah menguras tangki pelumas dengan membuka sumbat pada bak pelumas. Cara lain yang biasanya lebih mudah adalah dengan menyedot pelumas keluar menggunakan pipa yang dimasukkan melalui stik oli—cara ini sekaligus mencegah kotoran dan debu masuk ke dalam mesin. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa cara kedua ini menyebabkan ada sisa pelumas yang tertinggal, sementara cara pertama efektif mengeluarkan pelumas secara menyeluruh.
Dari segi waktu, proses menguras pelumas lebih panjang dibandingkan menyedot pelumas keluar. Sebab, untuk mengakses bak pelumas, Anda perlu mengeluarkan beberapa komponen. Namun, dengan cara ini, tidak akan ada pelumas yang tertinggal.
Agar praktis, filter dapat diganti bersamaan dengan pelumas agar bersih dari debu dan endapan. Frekuensi penggantian filter pun bergantung pada kondisi mobil dan kebiasaan berkendara. Anda dianjurkan agar menggunakan hanya suku cadang orisinal yang disetujui oleh produsen mobil. Mutu filter pelumas dapat berbeda jauh. Jangan mengambil risiko dengan menggunakan suku cadang yang tidak disetujui untuk mesin Anda.
Filter pelumas sendiri terletak pada atau di dekat blok mesin, di kompartemen mesin. Di dalamnya, terdapat tabung (cartridge) yang direkatkan dengan sekrup dan filter kertas berbentuk tabung di tempat tersendiri. Untuk mengganti tabung, lapisan pelindungnya harus dilepaskan terlebih dahulu. Mengganti filter pelumas membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus. Hubungi bengkel terdekat untuk bantuan lebih lanjut atau untuk mendapatkan layanan penggantian pelumas dan filter.
Beberapa hal untuk diperhatikan:
☻ | Pastikan Anda memang tahu cara mengganti pelumas. Jika tidak berpengalaman, mintalah teknisi bengkel untuk mengganti pelumas atau mengarahkan Anda. |
☻ | Sebelum memulai penggantian pelumas, pastikan Anda punya semua alat yang dibutuhkan untuk menguras pelumas ataupun mengeluarkan filter. Jangan lupa mengatur ulang indikator servis elektronik yang terdapat pada mobil-mobil masa kini. |
☻ | Mobil penumpang membutuhkan sekitar tiga hingga 7 liter pelumas, namun bisa jadi meningkat sampai 10-12 liter untuk mobil yang memiliki sistem pelumas kering. Dalam sistem ini, pelumas disimpan di tangki terpisah dan dipompa ke dalam mesin saat mesin menyala. |
LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454.
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
No comments:
Post a Comment