LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI - Pemeriksaan Dan Perawatan Mobil Setelah Mudik

Pemeriksaan Dan Perawatan Mobil Setelah Mudik

Kebanyakan empunya mobil pasti mengerjakan perawatan dan persiapan ketika akan mengerjakan perjalanan jauh menjelang mudik lebaran. Lihat saja bengkel-bengkel mobil yang tidak jarang kali ramai sampai antri oleh pelanggan yang hendak mempersiapkan mobil mereka supaya berkondisi prima guna dibawa mudik. Bisa dibilang, kepedulian empunya kendaraan akan ketenteraman dan kenyamanan mengemudi di perjalanan mudik nanti sudah paling baik.

Sayangnya urusan ini ternyata tidak cukup berlaku ketika musim mudik telah selesai. Setelah mengerjakan perjalanan panjang ke dusun halaman, digunakan berkeliling guna silaturahmi, macet panjang di perjalanan sampai melalui jalan yang tidak cukup mulus, empunya kendaraan malah jarang memeriksakan situasi mobilnya. Padahal, dapat saja mobil itu ‘kelelahan’ sehingga perlu perawatan tambahan setelah kerja keras.

Perawatan mobil setelah digunakan mudik sebetulnya tidak terlalu susah atau merepotkan. Sama saja dengan perawatan dengan pemakaian normal anda. Namun untuk tidak banyak membantu, sebagai berikut mungkin checklist yang dapat kamu lakukan guna memeriksa situasi mobil setelah digunakan mudik.


Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik
#1 Cuci Bersih Mobil
Perawatan kesatu ialah dengan membasuh bersih semua bagian mobil. Mulai dari bodi, kolong, bersihkan ruang mesin sampai ke interior guna kenyamanan pemakaian berikutnya. Saat mencuci secara mendetail, atau ketika mobil diusung untuk mencuci kolong, kerjakan pemeriksaan secara cermat. Khususnya di unsur kaki-kaki dan tempat-tempat yang bisa ditemukan rembesan oli.

Dalam perjalanan mudik, seringkali kita sering kali melalui jalan berlubang atau berkondisi tidak cukup baik. Keadaan tersebut pasti dapat menciptakan komponen kaki-kaki laksana shock, ball joint, tie rod dan lainnya menjadi bobrok dan perlu penggantian. Jadi kamu dapat memeriksanya sendiri di lokasi pencucian sebelum membawanya ke bengkel.

Untuk yang sangat menyimak penampilan cat dan body mobil, sesudah mobil dibersihkan bersih pasti akan lebih gampang untuk menyaksikan apakah terdapat lecet atau goresan pada cat. Perjalanan jauh, situasi cuaca panas dan hujan bergantian, polusi ketika kemacetan dan goresan debu atau partikel ketika melaju di kecepatan tinggi pasti dapat membekas yang menciptakan mobil menjadi tidak cukup sedap dipandang.

#2 Ganti Oli Jika DibutuhkanOli seringkali menjadi komponen yang sangat sering diganti andai mobil mau digunakan mudik. Namun setelah tersebut pulang mudik, banyak sekali pemilik kendaraan malah lupa untuk menyimak bagian yang satu ini. Padahal mesin bekerja lumayan keras ketika arus mudik. Di samping jarak tempuh yang cukup jauh, kemacetan yang lumayan panjang dapat menjadi ekstra tolak ukur butuh atau tidaknya mengubah oli.

Sebagai misal saja, andai biasa kamu mengubah oli masing-masing 5 ribu km dan perjalanan mudik kembali pergi menguras jarak 3 ribu km barangkali terasa bila oli masih dapat dipakai selama 1500 atau 2000 km lagi. Namun kamu harus mempertimbangkan pula berapa jam mobil terhenti sebab macet sebenarnya mesin terus menyala. Karena ketika mobil berhenti, oli pada mesin tetaplah bekerja.

#3 Periksa Komponen Rem dan KoplingSetelah perjalanan jauh, biasakan pun untuk memeriksa komponen rem dan kopling. Perjalanan panjang dengan kecepatan tinggi dan diselingi situasi macet seringkali akan menciptakan kampas rem atau kopling menjadi lebih tipis. Meski masih dapat digunakan dan tidak mesti diganti, kerjakan pemeriksaan guna meyakinkan demi ketenteraman pemakaian anda.

#4 Lakukan Spooring RodaDalam perjalanan mudik barangkali saja kamu sudah menghantam lubang atau batu di jalanan. Demi kenyamanan dan supaya tidak meningkat parah, kerjakan spooring roda mobil anda. Sebelumnya, pastikan kamu sudah memeriksa situasi komponen kaki-kaki. Jangan hingga setelah kamu melakukan spooring, kamu malah mesti mengganti sejumlah komponen kaki mobil. Akhirnya kamu terpaksa mengerjakan spooring ulang.

#5 Cek Cairan-Cairan LainnyaCairan yang perlu diperiksa di samping oli mesin ialah air radiator, air wiper, minyak rem dan oli transmisi. kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan komponen-komponen dalam kap mesin sekitar perjalanan panjang. Jangan sampai sebab lupa mengecek, kegiatan anda malah terganggu ketika mobil digunakan sehari-hari.

#6 Lakukan Tune Up RutinJika seluruh sudah dicek secara menyeluruh, maka tidak boleh lupakan untuk mengerjakan tune-up berkala. Hal ini urgen untuk mengembalikan situasi mobil menjadi lebih fit dan mobil siap dipakai kembali guna menemani kamu beraktifitas.
LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 

Telp. (0233) 883678 – 08122196016

Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.