LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MOTOR TRAIL

KursusMengemudiMajalengka

Sejarah dan Perkembangan Motor Trail

Sejarah dan Perkembangan Motor Trail
Membicarakan dunia otomotif rasanya tak bakal pernah selasai, khususnya motor trail. Motor jenis ini memiliki kelebihan sendiri. Motor trail adalahhasil dari modifakasi sepeda motor guna medan nonaspal atau off road. Rupanya pamor motor trail mulai terdapat peningkatan penggemar komunitas penyuka motor trail. Penunggang trail kini tak melulu untuk crosser saja, orang awam juga mulai melirik motor trail. Mereka menyukai motor trail guna kendaraan harian maupun sekadar melampiaskan adrenalinnya menaklukan medan off road.

motor trail

Sekarang tak melulu motor besar laksana Harley Davidson (HD), yang menjadi motor koleksi saja. Motor trail pun kini bersanding dengan motor sport, HD, dan mobil sport lainnya. Peminat motor trail dari kalangan pengusaha hingga anak muda. Memang menunggangi motor trail menyerahkan kesan gagah, lagipula dengan atributnya laksana helm full face, sepatu boat, dan pelengkap safety ride lainnya.

Durabilitas motor trail yang dapat bertahan dalam segala jalan maupun medan off road menjadikan motor trail mempunyai pesona tersendiri. Motor trail tidak lagi sebagai perangkat transport. Motor atau motor cross sebagai media guna menyalurkan kegemaran bertualang, mengeksplorasi alam Indonesia. Sekarang ini motor trail telah adalahadventure statement.

Sejarah Motor Trail

Awalnya sebelum bermunculan motor trail, telah ada sepeda motor biasa. Pabrikan motor di Eropa maupun di Jepang masih berkutat memproduksi motor dengan mesin besar. Kira- kira pada dasawarsa 30-an saat era perang dunia meletus di Eropa, sejarah motor trail berawal dari Shozo Kawasaki, Jepang.

Shozo Kawasaki, pionir motor trail, mula usahanya bergerak dalam bidang perakitan alat-alat perang, seperti penciptaan rudal, mobil tempur, dan peranti penyokong militer lainnya. Kemudian Shozo Kawasaki menjalin kerjasama dengan pabrikan BMW guna membina pabrik perakitan pesawat.

Kemudian Kawasaki mulai memproduksi sepeda motor dua tak. Setelah Perang Dunia II berakhir, Kawasaki mulai konsentrasi terhadap buatan sepada motor empat tak. Termasuk memproduksi motor-motor segala medan atau motor trail. Pada waktu tersebut motor trail menjadi keperluan guna menunjang kegiatan di lapangan. Hingga lantas muncullah kompetisi pacu motor cross yang medan lintasannya berupa tanah dengan sebanyak rintangan atau bowl. Sejak tersebut pabrikan motor Jepang satu persatu memproduksi motor trail. Demikian pun Shozo Kawasaki cikal bakal motor trail mulai membuat motor sport. Sampai kini Kawasaki Motor familiar dengan produsen motor sport terbesar di dunia.

Ciri Khas Motor Trail

Kenapa motor trail tidak sedikit diminati orang banyak? Motor trail memiliki keunggulan yang tak terdapat pada motor lain. Berikut ini sedikit keterangan tentang perbedaan motor trail dengan sepeda motor lainnya.

1. Suspensi

Yang dimaksud dengan suspensi ialah benda unsur motor yang bertugas meredam getaran ketika motor berlangsung pada lintasan yang tak datar. Letak suspensi motor trail di depan dan di belakang. Suspensi depan berbentuk garpu, ujung bawah mengait ban depan dan rem, sementara ujung atas lokasi dudukan stang serta speedometer.

Suspensi belakang pada motor trail mempunyai sifat monoshock, dipasang di tengah bodi motor. Suspensi monoshock lebih efektif meredam getaran
ekstrem saat melintas medan berat atau saat motor jumping.

2. Roda Bergerigi

Roda motor trail bertolak belakang dengan motor on road. Motor trail digunakan di medan tanah maupun lumpur, jadi motor trail butuh roda yang mempunyai gerigi supaya daya gesek dengan tanah dapat lancar dan dapat melibas lintasan lumpur.

Roda depan dan roda belakang pada motor trail jenisnya bertolak belakang termasuk ukurannya. Bentuk roda depan ingin ramping, dengan alur gerigi lebih kecil. Roda belakang ukurannya relatif besar dan tebal sebab tugas roda belakang menyangga beban berat saat motor berlangsung dan jumping.

3. Mesin Motor

Pabrikan motor trail menerbitkan dua jenis motor trail yaitu two strokes dan four strokes. Namun, karakteristik mesin motor trail ialah power, akselerasi dan durabilitas yang tinggi. Contohnya mesin Kawasaki KLX 150 dan KLX 250 CC, konsumsi bensin guna kedua motor ini termasuk irit.

3. Body Motor

Bodi motor trail seringkali lebih ramping, fungsinya supaya lebih fleksibel dalam bermanufer di medan off road. Di samping itu, ground clearance motor trail lebih tinggi dari pada motor biasa. Bodi motor trail tercipta dari rangka baja ringan.

Jenis Motor Trail

Di pasaran motor trail terdapat sejumlah jenis tipe motor yang semuanya mempunyai spesifik berbeda-beda. Pabrik motor trail mengeluarkan sekian banyak  spesifikasi motor guna melayani sekian banyak  kebutuhan laksana balapan, penunjang kerja, dan beda sebagainya.

1. Special Race (SE)


moto trail

Motor trail jenis ini diproduksi untuk keperluan kompetisi pacu motor cross, pabrikan mengeluarkan ragam macam mesin, 50 cc, 100 cc, dan 250 cc. Pabrikan motor pun mengeluarkan motor trail nonrace untuk menunjang mobilitas di tempat-tempat pedalaman, pertanian, maupun hutan.

2. Supermoto


moto trail

Supermoto ialah motor hasil mixing dari motor trail dengan motor sport road race. Bodinya dan suspensi masih mengadopsi motor trail tetapi untuk roda-rodanya memakai ban halus layaknya ban guna road race. Supermoto adalahcabang pacuan motor cross yang memadukan medan lintasan jalan aspal dan medan off road beserta lintasan jumping-nya.

3. Mini Moto Trail


mini moto

Mini Moto trail adalahjenis motor trail yang digunakan untuk anak-anak. Bodi motor trail jenis ini lebih kecil, kapasitas mesin juga tak besar melulu 50 cc maksimal 100 cc saja. Ground clereance dengan tanah pun diciptakan rendah. Fungsi mini trail ialah sebagai media mengajar anak-anak mengenal olahraga motor sedini mungkin.

4. ATV


MINI MOTO ATV

ATV kepanjangan dari All Terrain Vehicle, dengan kata lain kendaraan segala medan. ATV adalahhasil pengembangan modifikasi dari motor trail. Spesifikasi ATV antara beda mempunyai kapasitas mesin lebih banyak kisaran 150 – 400 cc. ATV mempunyai empat roda dengan suspensi independen di keempat titik.ATV mempunyai Setang kendali berupa raise bar laksana setang motor trail. Kapasitas tangki ATV dapat menampung 20 liter bensin.Di samping itu, ATV dapat berlari di segala medan sebab keempat ban bergerigi menjadikan ATV nyaman berlangsung di tanah dan lumpur.

5. Enduro Adventure


moto trail

Motor trail jenis enduro adventure digunakan untuk pekerjaan touring yang menempuh medan ekstrem, dan perjalanan panjang. Spesifikasi motor enduro adventure antara beda kapasitas mesin lebih banyak dari SE, suspensi lebih banyak dan keras, karakter alur gerigi pada kedua roda lebih kecil. Event rally terberat laksana Rally Paris Dakkar, menanam motor trail jenis enduro adventure di ruang belajar rally motor yang dibuntuti oleh team-team rally dari pabrikan ternama.

LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.