LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-6 Cara Mudah Menghidupkan Motor Injeksi Yang Mogok

KursusMengemudiMajalengka
6 Cara Mudah Menghidupkan Motor Injeksi Yang Mogok

Mengatasi Motor Injeksi Mati – Bagaimana bayangan kamu ketika sedang dalam perjalanan, tiba-tiba motor kamu mogok. Sebagian besar bakal panik, lagipula motornya injeksi. Makin panik anda dibuatnya, tapi kamu jangan nyerah dulu. Karena segala sesuau tentu ada jalan keluarnya, tergolong masalah motor injeksi mogok ini. simak teknik menghidupkan motor injeksi mogok guna lebih lengkap.

Sebelum kita kupas menu utamanya, kamu - kamu sekalian perlu mengetahui sedikit konsep teknologi efi pada sepeda motor supaya nantinya dapat lebih gampang dalam penyerapan informasi.

Teknologi EFI (Electric Fuel Injection) ialah sebuah teknologi didalam mesin yang bertugas guna menggantikan faedah karburator tetapi telah terintegrasi secara elektronik. Pada motor konvensional, karburator bermanfaat untuk menyuplai bahan bakar ,bersama udara ke dalam mesin. Pada sistem EFI komponen karburator disederhanakan melulu menjadi katup gas tanpa pilot jet. Sementara bahan bakar langsung disuplai dari tanki melewati injector yang penyemprotanya ditata secara elektrik oleh ECU (Electronic Control Unit). Sehingga lebih efisien.

Kelebihan motor injeksi


  • Lebih irit dan efisien, sebab volume bahan bakar dikalkulasi secara akurat oleh ECU. Sehingga bakal menghasilkan gabungan yang tidak jarang kali ideal.
  • Lebih ramah lingkungan, sebab memiliki gabungan yang ideal pembakaran pun dilangsungkan lebih sempurna. Sehingga tidak menghasilkan gas beracun yang berlebih.
  • Tidak membutuhkan sistem cok, sistem cok bermanfaat ketika suhu intake masih dingin. Sehingga bensin yang dibutuhkan juga semakin banyak. Pada sistem EFI cok tidak lagi dibutuhkan karena sudah ditata oleh ECU.
  • Perawatan lebih simple, motor EFI bukan lagi mempunyai pengaturan ISAS dan IMAS sehingga anda tidak perlu repot mengerjakan penyetelan guna seting idle RPM.


empat keunggulan diatas tidak sedikit mengikat perhatian semua calon empunya motor. Tapi mereka tidak tahu bahwa semakin tinggi sebuah teknologi maka masalahnya pun akan semakin kompleks. Memang dapat dikatakan motor injeksi tersebut awet, namun apa seluruh motor injeksi tersebut tidak bermasalah ?

Itu tidak benar, ada sejumlah motor injeksi yang merasakan masalah mogok laksana ini. Kalau motor karbu sih sangat pilot jetnya mampet atau businya kotor. Tapi bagaimana dengan motor injeksi ? apa penyebabnya ?

Penyebab motor injeksi mogok dan teknik menghidupkanya

Berbeda dengan motor karburator yang lebih mudah saat terjadi permasalahan, sepeda motor berteknologi EFI mempunyai rangkaian lumayan rumit. Artinya ketika motor ini mogok, tidak melulu disebabkan dari busi. Ada sejumlah penyebab motor injeksi susah hidup antara beda ;

1. Motor Mogok Karena Kehabisan Bensin


Penyebab sangat sepele motor mogok ialah kehabisan bensin. Beberapa orang berpikir bahwa motor injeksi jangan kehabisan bensin sebab akan mengakibatkan mesin sulit dihidupkan.

Memang benar, teknologi EFI menyertakan desakan bahan bakar didalam sistem fuel line-nya. Sehingga saat kehabisan bensin, ada udara yang masuk kedalam fselang bensin. Hal ini mengakibatkan motor akan susah hidup saat distarter sebab tekanan bahan bakar terganggu dengan adanya udara didalam sistem.

Kondisi ini ingin tidak riskan karena motor Efi sudah dilengkapi sistem yang dapat melemparkan udara atau bleeding secara otomatis.

Untuk menghidupkan motor injeksi yang kehabisan bensin, ada sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan


  • langkah mula pastikan kamu telah memenuhi bensin ke dalam tanki motor anda.
  • Lalu putar kunci kontak ke posisi ON, dan tahan selama 4 detik.
  • kemudian putar kembalu pulang ke posisi OFF.
  • Lakukan teknik ini tiga sampai lima kali.

Tujuanya ketika kunci kontak berada pada posisi ON fuel pump bakal memompa bensin ke dalam drainase bensin. Jika saya dan anda lakukan hal ini berulang maka akan laksana proses bleeding. Sehingga udara didalam drainase bensin bakal terkumpul pada ujung injektor.

Setelah itu, silahkan kamu start mesin motor laksana biasa.

2. Motor Mogok Karena Aki Tekor

Untuk penyebab berikutnya juga dapat dibilang tidak jarang terjadi. Baterai atau aki ialah komponen penyimpan arus listrik pada kendaraan bermotor yang bermanfaat untuk menyupai energi listrik ke sistem elektrikal motor.

Pada motor konvensional, aki hanya digunakan saat proses starter. Namun pada motor injeksi, aki tidak melulu bertugas pada sistem starter namun aki pun berperan guna menstabilkan arus kelistrikan motor.

Apabila aki tekor, maka tegangan bakal drop. Imbasnya arus listrik ke ECU beserta fuel pump pun akan drop. Sehingga motor dapat mati total.


Solusi terbaik untuk membetulkan masalah ini yakni dengan mengerjakan penggantian baterai. Namun bilamana dalam situasi genting, kamu bisa mengerjakan jumper dengan aki pada motor lain. Alat yang dibutuhkan hanya dua buah kabel jumper. Hubungkan secara paralel terminal (+) dengan (+), dan (-) dengan (-) pada aki. Saat mesin sudah hidup, keperluan arus listrik bakal disuplai oleh altenator mesin.

3. Motor Mogok Karena Fuel Pump mati


Fuel pump atau pompa bensin melulu akan anda temui pada mesin yang berteknologi Efi. Fungsinya guna menyuplai bahan bakar dari tanki ke drainase bensin dengan desakan tertentu.

Pada sistem injeksi eksistensi fuel pump sangatlah vital. Karena bensin dapat terbit dari injektor bilamana dalam situasi bertekanan. Apabila fuel pump tidak beroperasi, tidak ada desakan bahan bakar pada sistem injeksi. Hal tersebut menyebabkan bensin tidak terbit dari dalam injector.


Untuk memeriksa fuel pump, kamu cukup posisikan kunci kontak ke posisi ON. Apabila fuel pump beroperasi maka akan tersiar bunyi dengungan dari dalam tanki hingga sejumlah detik. Namun bilamana bunyi tersebut tidak hadir maka dapat dipastikan fuel pump rusak. Kondisi ini seringkali juga dibuntuti dengan indikator check engine yang menyala. Untuk menanggulangi hal ini kamu perlu mengerjakan penggantian fuel pump.

4. Motor Mati Karena Busi

Busi menjadi komponen yang bertugas dalam proses penyalaan pembakaran mesin. Busi ini pun menjadi komponen vital sebab berperan langsung dalam proses pembakaran mesin.

Baik motor karbu atau injeksi, masalah motor mogok yang disebabkan oleh busi pun sering terjadi. Gejalanya motor seringkali akan brebet saat RPM rendah kemudian mesin tiba-tiba mati dan susah dihidupkan lagi.


  • Penyebab Mesin Injeksi Brebet
  • Penyebab Busi Motor Basah + Solusinya
  • Oli Naik Ke Busi, Begini Cara Mengatasinya


Penyebab utama busi mati ialah karena adanya pembakaran yang tidak cukup sempurna, timbunan deposit didalam ruang bakar, atau sebab kesalahan pemilihan busi saat mengubah busi sebelumnya.

Hal-hal tersebut dapat menjadi penyebab kenapa umur busi menjadi paling singkat. Solusinya, jelas penggantian busi. Tapi sebelum anda mengubah busi dengan yang baru, anda harus benar-benar mengecek situasi lain di samping busi.

Apa saja ?


  • Pastikan situasi ruang bakar bersih dari deposit, guna meyakinkannya kamu bisa mencuci ruang bakar memakai sprayer carbon cleaner.
  • Pastikan check engine tidak menyala.
  • Pastikan idle speed control pun bersih, kamu bisa periksa ISC didekat throtle body motor anda.
  • Pastikan kamu menggunakan busi dengan spesifikasi pas, yang terpenting busi telah dilabeli Resistor (bisa label R atau U).
  • Coba bersihkan dahulu busi lama motor anda, bila tetap tidak menyala maka ganti dengan yang baru


5. Kerusakan pada di antara sensor

Pada sistem Efi, pun menyertakan sensor yang bermanfaat untuk mengecek suasana pada lokasi tertentu. Sensor ini akan mengantarkan data yang memuat aliran udara, dan suhu aliran udara intake. Ketika ada kehancuran pada sensor maka bakal berefek pada mesin yang hidup tidak sempurna sampai mati. Biasanya masalah ini dimulai dari lampu Check engine yang menyala. Untuk memahami sensor mana yang merasakan kerusakan kamu memerlukan scanner, atau membawanya ke bengkel resmi.

6. Motor Mati Terkena Air/menerjang banjir

Untuk penyebab kali ini, memang disebabkan oleh pemakai tersebut sendiri. Air ini bisa masuk dari lubang saringan udara. Meski posisi saringan udara lazimnya terlindungi, tetapi apabila kamu menerjang banjir dengan volume yang tinggi atau membasuh motor sembarangan maka air bisa dengan gampang masuk kedalam mesin.


Solusinya, kamu perlu mengeringkan busi dan unsur dalam mesin. Caranya lepas busi motor anda, lantas pastikan kunci kontak berada pada posisi OFF. Sla motor kamu menggunakan kick starter hingga sejumlah kali, tahapan ini bertujuan guna mengeringkan unsur dalam mesin. Terakhir pasang pulang busi dan nyalakan laksana biasa.

Tips supaya motor tidak mudah mogok


  • Gunakan bensin beroktane tinggi, ini sebab motor injeksi paling sensitif terhadap bensin kualitas buruk.
  • Selalu panaskan motor dipagi hari sebelum melaju, supaya aki bisa terisi dengan penuh.
  • Pastikan kamu selalu service rutin, paling tidak 2 kali dalam setahun.
  • Jangan membasuh motor sembarangan, supaya air tidak masuk kedalam mesin


Demikian tulisan singkat tentang penyebab dan teknik menghidupkan motor injeksi mogok. Semoga dapat menambah wawasan kita.


LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.