LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-Persamaan dan Perbedaan Motor AC dan DC


Kursus Mengemudi Majalengka
Persamaan dan Perbedaan Motor AC dan DC

Seperti yang anda tahu bahwa motor AC dan motor DC ialah dua jenis motor listrik yang tidak jarang kita jumpai di lapangan. Dilihat dari penampilan fisiknya saja telah terlihat bahwa pada lazimnya motor AC mempunyai ukuran atau dimensi yang lebih banyak dibanding dengan motor DC.
Bagi kamu yang belum tahu, motor AC ialah jenis motor listrik yang bekerja dengan memakai arus listrik bolak-balik. Sedangkan motor DC ialah jenis motor lisrik yang bekerja dengan memakai arus listrik searah. Lantas bagaimana persamaan dan berbedaan antara dua jenis motor tersebut? Mari kita kupas bersama-sama.

Persamaan Motor AC dan DC
Sudah menjadi rahasia umum bahwa motor AC maupun motor DC sama-sama bekerja dengan memakai energi listrik. Ya, motor AC dan motor DC sama-sama bermanfaat mengganti energi listrik menjadi energi mekanik berupa putaran. Dua jenis motor tersebut pun punya unsur stator dan rotor.
Bagian rotor dan stator memiliki faedah yang sama pada kedua jenis motor listrik, baik AC maupun DC. Kedua jenis motor listrik tersebut pun sama-sama bekerja dengan memakai prinsip induksi elektromagnetik. Selain tersebut motor AC dan DC pun sama-sama sering dipakai untuk software elektronika.

Perbedaan Motor AC dan DC
Setelah kamu tahu sejumlah persamaan antara motor DC dengan motor AC, selanjutnya kita kupas perbedaannya. Ada sejumlah hal gampang kelihatan yang memisahkan antara motor AC dan pun motor DC. Berikut daftar sejumlah perbedaan antara motor DC dengan motor AC yang perlu kamu ketahui.
>Supply listrik yang diperlukan oleh dua jenis motor itu berbeda. Motor AC memerlukan supply listrik bolak-balik, sementara motor DC memerlukan supply listrik searah
>Pada lazimnya motor AC dipakai untuk penggerak dengan torsi rendah laksana motor, kompresor, dan pompa. Sedangkan motor DC dipakai untuk penggerak dengan torsi tinggi laksana katrol, derek, sampai mesin bubut
>Motor DC mempunyai komutator, sementara motor AC tidak, sebab motor AC memakai slippring
>Kecepatan motor AC lebih susah dikendalikan, sebab memerlukan inverter. Apabila kecepatan motor AC menurun, pasokan dayanya pun ikutmenurun. Sedangkan motor DC lebih gampang dikendalikan, tanpa butuh inverter, dan tidak memprovokasi kualitas pasokan daya yang dimilikinya
Nah, itulah tadi sejumlah persamaan dan perbedaan motor AC dan DC. Semoga informasi dasar tentang komponen motor listrik tadi bisa bermanfaat untuk para pembaca semua, di manapun kalian berada, khususnya yang kegemaran dengan dunia elektronika dan kelistrikan. Jangan tak sempat share info elektronika ini ke teman-teman anda.
LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR


Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016

Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.