LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-HAL-HAL YANG DIAJARKAN DALAM KURSUS MENGEMUDI

KursusMengemudiMajalengka
Jenis-jenis Latihan
1-Penjelasan instruktur tentang pokok2 yang mesti diketahui oleh pengemudi
-Perkenalan instrumen mobil dan teknik pemakaianya
2Penguasaan Teknik Kendaraan
a)Start
b)Oper gigi
c)Berhenti
d)Belok kiri / kanan
3Memberhentikan mobil secara seketika atas perintah instruktur tanpa ada kesalahan / mesin mati
4menghadapi problem kemudian lintas:
a)Berjalan dengan sempurna di jalan raya, cara2 berbelok ke kanan / ke kiri dengan teknik melewati persimpangan
b)Tetap berlangsung di belakang kendaraan yang sedang berlangsung lambat
c)Mengejar dan melalui kendaraan beda dengan teknik yang benar
d)Waktu Latihan di jalan umum mesti mentaati dan menyimak segala ketentuan lalu lintas
5Latihan ketrampilan ( di kerjakan di lapangan)
a)Jalan mundur lurus sejauh 20meter
b)Memutar kendaraan di lokasi yang terbatas (diantara 2 bh mobil)
6Latihan Ujian
a)Parkir kiri kanan
b)Mundur lurus 20 meter
c)Berhenti di tanjakan tanpa memakai rem
d)Tanjakan, maju/mundur
Urutan pedal : Kopling (selalu kaki kiri yang menginjaknya), Rem dan Gas (pakai kaki kanan secara bergantian)

Menghidupkan mobil dalam keadaandi gigi nol

1)Pasang tali / sabuk pengaman
2)cek posisi persneling di gigi nol
3)Putar kunci guna menghidupkan mesin
4)Turunkan Rem Tangan
5)Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi 1
6)Angkat kopling pelan2 lantas tahan kopling ketika mobil mulia bergerak
7)sambil Injak gas tidak banyak demi tidak banyak sampai mobil berlangsung stabil

Memundurkan mobil ------>>>

1)Injak kopling habis, pindahkan gigi ke gigi R
2)Angkat kopling pelan2
Rasakan hingga mobil terasa bergerak mundur

Atur bergerak mundurnya mobil dengan teknik menginjak dan mengusung kopling sekuku hingga dengan � kopling (jangan lebih dan tidak boleh mengusung terlampau cepat supaya mesin tidak mati)

Ganti gigi pada ketika mobil berlangsung (kaki kanan masih memasuki gas)

1)Injak kopling habis
2)Angkat gas
3)Pindahkan gigi ke posisi yang dikendaki
4)Angkat kopling pelan2
5)Injak gas pelan2, hingga terasa jalannya mobil stabil cocok dengan kecepatan seharusnya
6)Lepaskan kaki dari kopling, atur jalannya mobil melulu dengan memasuki gas saja
Jika melewati polisi tidur
1)Angkat gas, tempel pedal rem
2)Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
3)Angkat kopling pelan2, mobil dijalankan melulu dengan mengusung kopling sekuku hingga � kopling
atau kopling tak usah diinjak, biarkan saja mobil bergerak menggunakan lumpsum nya
4)jika dirasa polisi tidur terlampau tinggi, Injak gas tidak banyak sampai dirasa mobil dapat melewati polisi tidur
5)Setelah dapat melalui polisi istirahat injak gas pelan2

Menambah/mengurangi gigi
1)Injak kopling habis
2)Angkat gas
3)Pindahkan gigi ke gigi yang dikehendaki
3)Tempel gas
4)Angkat kaki dari kopling pelan2

Menghentikan mobil tiba2 dalam suasana mobil sedang berlangsung cepat

1)Injak rem pelan2 hingga terasa mobil nyaris berhenti
2)Injak kopling habis
3)Pindahkan gigi ke gigi 0
4)Angkat rem tangan

Menghadapi macet di lampu merah memakai rem
1)Injak kopling habis
2)Tempelkan kaki di rem (mainkan sesuai suasana jalan)3)Pindahkan gigi ke gigi 1
3)Angkat kopling tidak banyak demi tidak banyak untuk menjalankan mobil merayap

atau injak saja kopling berakhir biarkan mobil berjalan memakai lumpsump nya
Menghadapi macet di lampu merah tanpa memakai rem, atau ketika berkeinginan keluar dari gang ke jalan raya

1)Injak kopling habis
2)Tempelkan kaki di rem
3)Pindahkan gigi ke gigi 1
3)Angkat kopling tidak banyak demi tidak banyak untuk menjalankan mobil merayap
4)atau injak saja kopling berakhir biarkan mobil berjalan memakai lumpsump nya
5)Tempel kaki di gas
Berhentikan mobil: Angkat kopling sekuku dan injak rem tidak banyak (tempel rem)
Jalankan mobil merayap: Angkat kopling sekuku
Dengan posisi ini mobil bakal berjalan merayap
Belok balik (berputar balik 180o) ke kanan

1)Jika mobil melaju terlampau cepat
2)Angkat gas
3)Injak kopling habis
3)Pindahkan gigi ke gigi 1
4)Angkat kopling tidak banyak demi tidak banyak untuk menjalankan mobil merayap (=bergerak perlahan), dan injak kopling sekuku kalau hendak mengurangi jalan merayapnya mobil, lihat jalur apakah bebas andai ada mobil yang hendak lewat maka injak lagi kopling sekuku seraya menempel rem atau menempel gas (usahakan dipilih membebastugaskan mobil dengan menempel gas supaya jika inginkan jalan lagi bermukim lepaskan gas dan angkat kopling saja sekuku). Jika jalur telah bebas hambatan, angkat kopling sekuku (mobil merayap maju)
5)Putar stir 2 x ke kanan (putar stir habis) (ingat tidak boleh memutar stir dalam suasana mobil diam/berhenti, dapat merusak komponen mobilnya nanti) (lihat jalur apakah bebas atau tidak)
- Jika jalur aman, jalankan/belokkan mobil dengan mengusung kopling sekuku (mobil bakal maju merayap), 
kurangi laju jalannya mobil dengan memasuki kopling sekuku
- Jika jalur sibuk berhentikan mobil dengan kombinasi mengusung kopling sekuku dengan menempel rem
(biasanya andai kopling diusung sekuku bakal terasa mobil bergetar sedikit)

- Jika jalur telah bebas pulang ankat kopling sekukumkembali (mobil bakal merayap maju kembali)
6)Setelah mobil sukses belok dan dirasa telah lurus, segera putar balik stir 2x ke kiri seraya mobil maju merayap
- Jika mobil telah lurus, tempel gas (sesuaikan dengan situasi lalu lintas), angkat kopling perlahan, andai sudah cocok dengan situasi jalan yang dihadapi lepaskan kaki dari pedal kopling biarkan jalannya mobil hanya ditata oleh gas 
(gunakan gigi 1, 2, dan 3 saja andai berada di dalam kota)

Menghidupkan mobil yang mati mesin tiba2

1)Jangan panik !
2)Injak kopling habis
3)Hidupkan mesin
4)Angkat kopling perlahan2, rasakan hingga mobil bergerak maju perlahan
- Jika jalan menanjak, tolong tenaga mobil dengan memasuki gas sedikit
- Jika mobil telah bergerak stabil, angkat kaki dari kopling, jalankan mobil melulu dengan gas saja
Macet di jalan tanjakan
1)Gigi dalam posisi gigi 1 (usahakan selalu pakai gigi 1 bila jalanan macet)
2)Injak kopling habis
3)injak sarat rem Angkat kopling perlahan2, rasakan hingga mobil bergetar

Jika jalan menanjak, tolong tenaga mobil dengan memasuki gas sedikit(jangan terlampau besar)Jika mobil didepan berhenti di tanjakan , injak kopling habis, injak rem
Jika mobil di depan mulai bergerak tidak banyak di jalan tanjakan , angkat kopling perlahan(rasakan hingga mobil bergetar supaya mobil tidak mundur saat melapas rem), baru lepaskan rem, tempel gas

Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak berakhir kopling, tekan rem tangan, injak pedal rem, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling sekuku hingga mobil terasa bergetar tidak banyak (agar mobil tidak mundur), tempel gas

Tanjakan tanpa memakai rem

1)Gigi dalam posisi gigi 1
2)Injak kopling
3)Angkat kopling sekuku (mobil bakal bergerak maju perlahan, MOBIL BERJALAN)
4)Injak kopling sekuku diimbangi dengan menginjak/menempel gas tidak banyak (mobil bakal berhent, MOBIL BERHENTIi)
5)Angkat kopling sekuku mobil bakal merayap maju kembali, bila kopling di injak mobil bakal mundur.

Untuk berlangsung atau dan berhenti dalam posisi ini melulu menggunakan kombinasi injak dan angkat kopling sekuku dan tidak banyak gas

Tiba2 terdapat orang menyeberang
1)Angkat gas
2)Injak rem
3)Injak kopling habis

Macet di jalan rata

1)Gigi dalam posisi gigi 1
2)Injak kopling habis
3)Angkat kopling perlahan2, rasakan hingga mobil bergerak maju perlahan

Jika mobil di depan berhenti tiba2, injak rem perlahan atau angkat kopling sekuku seraya injak gas sedikit
Kombinasi kopling dangan gas saat mobil didepan berhenti tiba2 lebih baik dipakai sehingga bila mobil di depan maju bermukim angkat kopling seraya tempel gas. Jadi maju dan berhentinya mobil melulu menggunakan kombinasi kopling dan gas !
Jika mobil di depan mulai bergerak maju sedikit, injak kopling habis, kemudian angkat kopling sekuku rasakan mobil mulai maju merayap

Jika mobil di depan mulai berhenti perlahan, injak kopling penuh(rasakan hingga terasa mobil berhenti perlahan)

Jika mobil di depan berhenti lama, injak rem, injak kopling, pindahkan gigi ke gigi 0, angkat rem tangan, angkat kaki dari kopling. Jika mobil di depan mulai bergerak maju, injak berakhir kopling, tekan rem tangan, masukkan gigi ke gigi 1, angkat kopling hingga terasa mobil maju andai perlu boleh tambahkan dengan memasuki gas

Macet di jalan turunan

1)Gigi dalam posisi gigi 0
2)Mainkan rem saja tak butuh gas sebab mobil bakal berjalan dengan sendirinya tanpa di gas

Mobil sedang melaju cepat tiba2 mobil didepan jalan merayap

1)Injak rem perlahan
2)Injak kopling habis, pindahkan ke gigi 1
3)Angkat kopling sekuku biarkan mobil maju merayap
4)jika mobil di depannya berhenti tinggal memasuki kopling dan tempel rem

Menghentikan mobil tiba2 dalam suasana mobil sedang berlangsung pelan
1)Injak kopling habis
2)Tempelkan kaki di rem, rasakan hingga mobil terasa berhenti secara perlahan2 (jangan memasuki rem terlampau cepat) lepaskan rem sebelum mobil benar benar berhenti
3)Pindahkan gigi ke gigi 0
3)Angkat rem tangan
Berhentikan mobil saat mundur
1)Angkat gas
2)Injak rem perlahan2
3)Injak kopling habis

Melambatkan jalannya mobil saat mundur (Mobil berlangsung merayap)

1)Posisi gigi di R, angkat gas, tempel rem
2)Injak kopling, angkat/lepas rem
3)Angkat kopling sekuku

Perhatikan ! Jika telah dapat berhenti dengan � kopling + tempel gas, maka andai gas diperbanyak sebesar apapun mobil tak bakal bergerak

Parkir maju
1)Lewati mobil badannya
2)Belokin stir
3)Jalankan mobil pelan2 kopling diusung pelan2 sekuku
Mundur/parkir ke kanan
1)Putar stir berakhir ke kanan
2)Mundur merayap(dgn teknik mengatur kopling)
3)Segera putar balik stir(setelah dalam posisi lurus)
4)Mundur lurus

Parkir mundur ke kanan 
1)Injak kopling habis
2)Pindahkan gigi ke R
3)Tempel rem
4)Mundur lurus
5)Jalankan mundur perlahan dengan pola: jalan mundur pelan - berhenti - jalan - berhenti -jalan dengan cara: Injak kopling sekuku, tahan, kemudian angkat lagi kopling sekuku, tahan
6)Mata lihat ke kaca spion
7)Perhatikan: Mundur mobil mesti dicoba lurus segaris dengan trotoar
Jika pantat mobil telah sampai di ujung jalan atau tidak cukup sedikit dari ujung jalan lokasi parkir maka Injak kopling
8)Putar stir berakhir kekanan 2 x putaran
9)Angkat kopling sekuku
10)Jika jalan menanjak tolong tenaga mobil dengan memasuki gas
11)Jika kira2 mobil telah masuk, luruskan mobil dengan teknik injak kopling
12)Putar balik stir 2 x ke kiri
13)Angkat kopling sekuku supaya mobil dapat masuk pas ke dalam lokasi parkir

Jika hendak parkir tepat di pinggir maka mobil dibelokkan tidak cukup sedikit pantat mobil dari ujung jalan (lebihkurang sebesar 1 x badan manusia)

Jika hendak parkir agak ke tengah (jika lokasi parkir agak besar) maka start mobil di belokkan pas di ujung jalan belokan itu
14)Injak kopling
15)Tempel rem
16)Pindahkan gigi ke gigi 0
17)Angkat rem tangan
18)Lepaskan kaki dari kopling dan pedal rem
19)Copot safety belt, matikan mesin mobil, ambil kunci dan simpan, gembog stir mobil, buka pintu

Jika anda salah perhitungan saat membelokkan mundur mobil, maka
1)Injak kopling
2)Pindahkan gigi ke gigi 1
3)Majukan mobil sedikit, andai kira2 telah lurus (kontrol dengan teknik mengatur ban mobil supaya lurus dengan teknik putar balik stir)
4)Mundurkan mobil dengan teknik Injak kopling, pindahkan ke gigi R, angkat kopling sekuku tahan, angkat lagi sekuku tahan, injak sekuku tahan, begitu seterusnya hingga posisi mobil benar2 masuk.
Jangan tak sempat melihat situasi jalur jalan sebelah kanan dan kiri serta belakang melewati kacaspion

5) pakai sepion tengah untuk menyaksikan belakang tepat

Perhatian :

1)Stir jangan diputar dalam suasana mobil diam karena dapat merusak ban , poros ban , dan tie rod
2)Kalau jalan menanjak dan jalanan macet agak lama di tanjakan maka pakailah rem tangan tidak boleh selalu mengandalkan kopling sebab bila tidak, bisa merusak mekanik kopling
3)Rem kaki jangan ditekan terus tapi mesti dengan pola angkat, injak, angkat, injak (misalnya saat turunan panjang ) karena dapat mengakibatkan rem terbakar
4)Pakailah tidak jarang kali gigi 1 andai melalui jalan yang berlubang2
5)Untuk perjalanan dalam kota yang ramai disarankan untuk selalu memakai gigi 1 dan 2 saja
6)Kuasai emosi saat berjalan lambat sesudah berjalan cepat
7)Gigi 1, 2, 3 guna jalan lambat dan tanjakan
8)Gigi 4,5 tak kuat bila dipakai untuk jalan tanjakan (semakinbanyak gigi semakin kecil power mesin)
9)Untuk menghindari mesin mati tiba2 maka angkatlah kopling pelan2 tidak boleh menyentak dan sekaligus
10)� kopling bermanfaat untuk jalan menanjak, macet, belok, start mula berjalan, mundur, belok/memutar mobil, dan parkir
11)Gigi 3 guna jalan raya besar
12)Gigi 2 guna jalan raya kecil/sempit

TIPS :

1)Bagian mobil yang jangan kena air saat mencuci mobil: lokasi busi, dan lokasi injection
2)Mesin hendaknya dimurnikan dengan minyak tanah tidak boleh dengan air, sebab mesin cepat karatan andai kena air
3)Jika mengubah oli minta dimurnikan juga: busi, saringan udara minta dipancar sebab sarngan udara yang kotor dominan terhadap pemakaian bahan bakar
4)Sampai jalan 50.000 km mobil baru masih aman sebab service masih ditanggung dealer
5)Jika stir ngebuang maka mesti di balanching dan di spooring
6)Seminggu sekali usahakan ganti air aki
7)Tune up tidak boleh terlalu sering
8)Saringan bensin dimurnikan dengan ditiup supaya tidak cepat kotor
9)Bensin jangan tidak dipedulikan sampai berakhir karena kotoran dapat naik
10)Mencuci mobil tidak boleh memakai rinso namun pakailah shampoo mobil
11)Setelah jalan 75.000 km seringkali ban mesti diganti
12)Jangan terlalu tidak sedikit main separuh kopling andai lampu merah gunakan rem tangan saja sebab dapat menciptakan mesin panas !

Sebab dapat membuat kanvas kopling tipis sampai-sampai mobil bakal terasa tidak cukup tenaga meskipun sebetulnya mesin baik2 saja.
Output mesin bakal terbuang sia2 sebab salah satu penyalurnya tidak bermanfaat dengan baik.
Jika penipisan pada kanvas kopling telah amat parah maka mobil tidak dapat melaju sama sekali.

Fungsi kopling ialah meneruskan tenaga dari mesin ke persneling (transmisi)
Menginjak kopling separuh memang butuh sebagai penyeimbang supaya mesin mobil tidak mati ketika di-rem atau masa-masa kesatu kali kendaraan melaju. Cuma, seharusnya tidak boleh terlalu lama dan tidak boleh terlalu sering. Satu lagi, begitu selesai eksodus gigi, langsung lepas pedal kopling.

Yang susah dihindari ialah saat jalanan macet. Kebanyakan pengendara lebih memilih memasuki pedal kopling separuh ketimbang teknik lain. Salah satu teknik yang kami sarankan ialah melaju perlahan dengan gigi satu. Andai pun darurat harus berhenti sebab antrian mobil, lebih baik posisikan netral sekaligus dan injak rem. Sehingga, pedal kopling dapat dibebaskan.

Ketika kopling diinjak, kaitan antara mesin dan persneling bakal terputus sampai-sampai praktis output mesin tidak hingga ke penggerak roda. Digeber-geber juga laju kendaraan tidak bakal berubah. Laju roda bakal terpengaruh begitu kopling dilepas. Sebab, pada ketika pedal kopling dilepas, plat penekan (matahari) akan mengurangi kanvas sampai-sampai power dari mesin (melalui fly wheel) bisa bergerak mengarah ke persneling.
Pada ketika kopling ditekan setengah, maka tenaga dari mesin melewati fly wheel yang diteruskan ke persneling pun melulu setengah. Posisi kanvas pun setengah menghubungkan. Posisi berikut yang menciptakan terjadinya gesekan antara kanvas kopling - fly wheel - matahari. Gesekan-gesekan ini yang bakal mempercepat tipisnya kanvas kopling

13)Biasakan memakai oli merk PRIMA (beli di pertamina)
14)Mobil di lokasi kursus biasa gunakan oli merk ADNOC (warna hijau) sebab mobilnya digunakan terus menerus
15)Panaskan mobil tiap hari sekitar 10 menit (jangan memasuki gas besar seketika waktu proses pemanasan)
16)Merk cat mobil dihapalin, minta misal cat ke dealer atau mohon secukupnya
17)Bila mobil garet sedikit, hilangkan dengan autan pada lokasi yang kena kemudian cuci gunakan shampoo
18)Jika mengelap kaca mesti hingga kering
19)Saringan udara dan busi original bekas simpan saja tidak boleh dibuang
20)Pakailah lap mobil merk CANEBO, lap ini full tercipta dari karet, jiak ditarik bakal terasa melar
21)Harga kunci stir kira2 Rp. 50.000,-


LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN

MUSTIKA WANGI

KURSUS OTOMOTIF

MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN

MONTIR SEPEDA MOTOR


Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 

Telp. (0233) 883678 – 08122196016

Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.