LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-2 Fungsi Penting Kiprok Pada Motor

KursusMengemudiMajalengka
2 Fungsi Penting Kiprok Pada Motor

Seperti judul yang tertulis diatas, kiprok pada sepeda motor ternyata memiliki faedah yang lumayan penting bahkan mengungguli aki. Ini diakibatkan karena kiprok adalahkomponen yang terdapat pada unsur pengisian arus listrik motor.
Sistem pengisian sendiri ialah rangkaian pengubah beberapa energi putar mesin menjadi energi listrik. Sehingga keperluan kelistrikan motor dari lampu sampai kelistrikan mesin dapat tidak jarang kali terpenuhi dengan daftar kiprok ini masih normal.
Itulah kenapa kiprok dinilai lumayan penting, bila kiprok bobrok biarpun aki motor baru tetap aki dapat soak. Karena aki melulu menampung arus listrik, bila aki terus digunakan tanpa terdapat pengisian maka aki dapat soak dan motor dapat mogok.
Lantas, apa faedah dari kiprok pada sepeda motor ?

Fungsi kiprok motor itu melulu ada dua yaitu ;
Membatasi tegangan pengisian dari spull

1. Menyearahkan arus pengisian dari spull

Ada dua komponen utama sistem pengisian motor yaitu spull dan kiprok. Spull bermanfaat sebagai generator yang akan mengolah energi mekanik ke energi listrik memakai prinsip elektromagnetik.

Namun arus yang didapatkan dari kiprok tersebut dalam format “bolak-balik” atau AC (alternate current) sedangkan kelistrikan motor memakai arus sehaluan atau DC (direct current). Oleh sebab tersebut kiprok bakal berlaku sebagai rectifier atau penyearah arus listrik dari AC ke DC.

Bagaimana metodenya ?

Kalau kamu bedah komponen kiprok, maka kamu akan menyaksikan rangkaian dioda bridge. Dioda ini bisa memblok satu arah aliran listrik dan membuka ke arah lainnya. Sehingga arus yang dapat mengalir ke dioda itu melulu satu arah atau DC.

Baca pula warna kabel kiprok pada motor + artinya

2. Membatasi tegangan pengisian dari spull
Selain guna menyearahkan arus listrik, kiprok pun berperan sebagai regulator atau pengatur tegangan pengisian. Mengapa tegangan pengisian perlu ditata ?

Ini sebab tegangan listrik yang didapatkan dari spull tersebut berbanding lurus dengan RPM mesin. Kalau RPM mesin rendah, otomatis tegangan dari spull pun rendah bahkan dibawah 12 V (itulah sebabnya lampu redup ketika motor tidak digas). Namun bila RPM mesin tinggi maka tegangan yang dihasilkan dapat melebihi 12 V. anda tahu sendiri bila kelistrikan motor tersebut bekerja pada tegangan 12 V, bila lebih maka lampu dapat gosong.

Dalam urusan ini, kiprok akan melemparkan arus pengisian ketika terdeteksi overcharge atau ketika tegangannya melebihi 12 Volt. Sehingga seluruh komponen kelistrikan motor bakal aman.

Apa yang terjadi bila kiprok pada motor dilepas ?

Apabila komponen kiprok ini dilepas, kelistrikan motor tetap ada. Tapi kamu perlu ingat, arus yang didapatkan spull tersebut masih bolak-balik, sampai-sampai kelistrikan motor yang mestinya DC pulang menjadi AC.
Tapi pada sejumlah motor, terdapat yang memakai sistem kelistrikan AC. Contohnya pada Yamaha Vixion Lightning. Dimana lampu bakal menyala secara otomatis ketika mesin hidup.

Lampu ini bisa menyala, sebab sumber arus dihubungkan langsung dari spull. Sehingga lampu bisa menyala ketika mesin menyala dan cerah redupnya, diprovokasi oleh RPM mesin. Atau lampu bakal redup ketika idle RPM, tetapi lampu juga dapat terang ketika motor digeber.

Apa yang terjadi bila kiprok bobrok ?

Karena komponen ini tersembunyi pada motor, maka ketika terjadi kehancuran pun anda yang masih awam bakal sedikit kendala dalam mendeteksinya. Tapi ada sejumlah hal yang terjadi ketika kiprok mulai rusak, antara beda ;

lampu redup, urusan ini karena faedah pembatas arus yang sudah tidak cukup baik sehingga ingin menghambat tegangan listrik dari spull
aki tekor, usia aki barangkali sampai 2 tahunan, tapi bila belum 2 tahun kemudian tekor mungkin tersebut pengaruh dari kiprok yang mulai rusak.
motor mogok tiba-tiba dampak kiprok putus sampai-sampai kelistrikan motor juga terputus


LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.