LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI-16 Hal Penting yang Sebaiknya Kamu Tahu Tentang Perawatan Mobil dan Motor

KursusMengemudiMajalengka
16 Hal Penting yang Sebaiknya Kamu Tahu Tentang Perawatan Mobil dan Motor Kesayanganmu
Saat ini sudah tidak sedikit anak muda yang dibekali kendaraan oleh orang tuanya, lagipula yang pergi merantau. Maksudnya jelas bukan guna memanjakan, tetapi memudahkan mereka bepergian kapan saja dan ke mana saja.

Sayangnya, nggak jarang anak-anak muda kini hanya dapat menyetir kendaraan tersebut saja; tidak tahu teknik menservisnya, bahkan tak mau mencucinya sendiri. Padahal, pengetahuan mengenai kendaraanmu sendiri tersebut penting, lho. Kalau sewaktu-waktu terdapat masalah di jalan, anda jadi nggak keadaan bingung sendiri. Pengetahuan mengenai kendaraan juga dapat menghindarkan mobil atau motormu dari kehancuran yang prematur

1. Cuci kendaraan di car wash memang praktis, tapi membasuh sendiri mobilmu tersebut lebih baik
Cuci kendaraan sendiri membuatmu lebih dekat dengan mereka
Cuci kendaraan sendiri membuatmu lebih dekat dengan mereka via novaoput.blogspot.com

Saat ini, lokasi pencucian kendaraan telah ada di mana-mana. Bahkan, guna mobil telah ada yang otomatis. Kamu nggak perlu terbit mobil dan dalam 15 menit, mobilmu telah bersih dari kotoran dan debu. Kurang praktis apa lagi, ‘kan?

Tapi, jajaki deh anda mulai menyempatkan membasuh kendaraanmu sendiri, paling tidak seminggu sekali. Saat mencuci, kamu dapat sambil mengecek suasana kendaraanmu — desakan udara di bannya, suasana rantai motormu, sampai situasi mesin dan akinya. Dengan begitu, bila ada kehancuran atau masalah, kamu dapat mendeteksinya lebih dini deh.

2. Pastikan lampu sen dan indikatormu bermanfaat dengan baik. Jika tidak, kasihan orang yang berkendara di dekatmu.
Lampu indikator pun harus tidak jarang kali menyala
Lampu indikator pun harus tidak jarang kali menyala via youtube.com

Lampu ialah salah satu komponen kendaraan yang terpenting. Coba deh bila nggak terdapat lampu, anda pasti akan susah berkendara di malam hari. Di samping itu, lampu beda yang nggak kalah penting ialah lampu sen dan lampu indikator yang ada di sekitar setirmu. Lampu sen tersebut penting guna selalu dicek supaya nantinya di jalanan anda nggak menyusahkan pengendara lain ketika akan berbelok. Begitu pun dengan lampu indikator, mesti selalu bermanfaat dengan baik supaya dapat memperlihatkan indikator bensin, aki, atau kadar panasnya mesin.


1. Kalau nggak terdapat ban, mobilmu mana dapat jalan. Selalu bersihkan brake dust dan cek desakan bannya secara rutin
Bersihin brake dust secara rutin
Bersihin brake dust secara teratur via bmwblog.com

Bagi yang belum tahu, brake dust ialah debu yang berasal dari sisa-sisa pengereman. Biasanya, brake dust terdapat di sela-sela velg ban mobilmu, bercampur dengan kotoran lain laksana tanah dan pun pasir. Jika tidak dipedulikan mengendap, brake dust dan kotoran dapat menciptakan velg ban menjadi panas, lembab, dan lantas gosong laksana terpanggang. Bagi itu, brake dust ini perlu dimurnikan dari velg ban mobil, paling tidak masing-masing kali mobilmu dibersihkan bagian ini tidak boleh sampai luput.

Nggak melulu membersihkan brake dust saja, desakan udara di dalam ban mobilmu pun harus diperiksa secara rutin, sangat tidak seminggu sekali. Ini bertujuan supaya suasana ban tidak jarang kali solid dan nggak membahayakanmu di jalan nantinya.

2. Air dalam radiator mempunyai peranan urgen untuk menciptakan mesin tetap sejuk. Periksalah tidak jarang kali jumlah air dalam radiatormu sebelum berpergian
Jangan buka tutupnya ketika mesin panas atau menyala
Jangan buka tutupnya ketika mesin panas atau menyala via www.carsatdfw.com

Sudah tahu ‘kan bila radiator tersebut perlu dipenuhi dengan air? Nah, faedah dari air ini ialah untuk menolong menjaga mesin agar tetap sejuk dan dapat bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, urgen bagimu untuk tidak jarang kali memeriksa situasi air di dalam radiator sebelum berpergian. Kalau jumlahnya telah menipis, tambahkan saja airnya. Dengan begitu, mesinmu nggak bakal overheat, mogok, dan akhirnya menimbulkan asap deh.

3. Mesin mobilmu butuh pelumas supaya dapat bekerja dengan baik. Gantilah oli masing-masing 10.000 km, agar tidak merusak dan mengganggu kerja mesin
Oli pun perlu diganti secara rutin
Oli pun perlu diganti secara teratur via coolridesonline.net

Supaya dapat bekerja dengan halus dan maksimal, mesin mobilmu membutuhkan oli guna melapisi masing-masing elemennya. Nah, oli ini nggak dapat dipakai selamanya, butuh diganti secara rutin untuk mengawal performa mesin mobilmu.

Cara memahami kapan oli mesti diganti lumayan mudah, kok. Pertama, lihat warna oli mobilmu; bila sudah hitam, WAJIB guna segera diganti. Kedua, cek stik pada lokasi oli mobilmu; bila tandanya telah mendekati LOW, anda perlu guna menggantinya sesegera mungkin. Cara terakhir ialah melihat jarak yang sudah anda tempuh. Kalau telah mendekati angka 10.000 km, oli mobilmu mesti segera diganti dengan yang baru.

4. Jangan bersihkan saringan karburator dengan hair dryer. Lebih baik gunakan kuas atau sikat gigi.
Ini nih saringan karburatornya
Ini nih saringan karburatornya via www.ototown.com

Mau berangkat ke kampus, eh mobilnya nggak dapat di-starter. Tenang, tidak boleh panik dulu. Mobilmu belum pasti rusak, mungkin melulu saringan karburatornya saja yang agak tidak banyak kotor. Jadi, suplai bahan bakar atau udara guna karburator tidak mencukupi.

Kalau anda berada dalam suasana semacam ini, segera buka kap mesin dan periksa karburator mesinnya. Cabut saringan karburator, kemudian bersihkan kotorannya memakai kuas atau sikat gigi. Memang sih memakai hair dryer dapat mempercepat luluhnya kotoran, namun panas yang ditimbulkan dapat merusak dinding saringan tersebut. Jadi, tidak boleh digunakan, ya.

5. Dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan nggak boleh “turun” dari mobilmu. Kamu nggak bakal tahu kapan ban mobilmu bakal kempes atau bocor
Harus tidak jarang kali di mobil
Harus tidak jarang kali di mobil via www.kiosonderdil.com

Ada 3 barang yang nggak boleh “turun” dari mobilmu, yakni dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan atau ban serep. Ketiga barang ini mesti tetap ada guna jaga-jaga bilamana di perjalanan nanti ban mobilmu kempes atau bocor, anda nggak lagi keadaan bingung dan dapat menggantinya sendiri.

6. Saat ban mobilmu kempes atau bocor, berikut yang mesti anda lakukan
Kalau banmu bocor atau kempes laksana ini...
Kalau banmu bocor atau kempes laksana ini… via imanniar.wordpress.com

Ban mobil yang kempes atau bocor dapat kamu rasakan kesatu kali dari setir yang terasa lebih berat. Kalau ini terjadi, segera kerjakan langkah-langkah ini:

Parkirkan mobilmu ke tepi jalan
Jangan begini juga, sih..
Jangan begini juga, sih.. via s367.photobucket.com

Saat tahu bahwa ban mobilmu kempes atau bocor, tidak boleh paksakan guna tetap berjalan. Walaupun jaraknya telah dekat, suasana ban laksana ini dapat membahayakan andai dipaksa karena dapat meledak dan menciptakan setirmu oleng.

Posisikan transmisi mobil dengan tepat
Kalau matic, gunakan transmisi P
Kalau matic, gunakan transmisi P via jatisariku.com

ADVERTISEMENT



Kalau mobilmu manual, setel posisi gigi pada 1 atau R (reverse), lantas tarik rem tangan. Kalau mobilmu matic, posisikan transmisi pada P (parking) dan tarik rem tangan.

Ganjal semua ban dengan batu atau kayu
Ganjal gunakan batu atau kayu
Ganjal gunakan batu atau kayu via otosia.com

Ini perlu dilaksanakan supaya mobil tetap pada tempatnya, terutama ketika ada di jalan tanjakan atau turunan.

Nyalakan lampu hazzard dan tanda segitiga
Pasang hazzard dan tanda segitiga
Pasang hazzard dan tanda segitiga via otonity.com

Kamu pun harus tetap menyimak kenyamanan dan keselamatan berkendara orang lain. Bagi itu, nyalakanlah lampu hazzard (tombol segitiga merah) dan plang segitiga yang terdapat di bagasi sebagai tanda peringatan.

Pasang dongkrang, ganti bannya deh
Siap ganti ban
Siap ganti ban via poskotanews.com

Taruh dongkraknya di sekitar ban yang bakal diganti, ya, agar terangkat dengan sempurna.

7. Jangan fobia mendorong atau menderek mobil matic yang mogok. Yang penting, pastikan transmisi pada posisi N dan jarak dorongnya maksimal 15 km
Mobil matic dapat didorong kok
Mobil matic dapat didorong kok via tokoonline88.com

Banyak yang bilang mobil matic tersebut nggak boleh didorong atau diderek, soalnya dapat merusak sistem transmisi. Tapi menurut keterangan dari situs Auto2000, sebetulnya mobil matic tersebut boleh-boleh saja didorong atau diderek, asalkan melulu untuk membawanya ke tepi atau maksimal jarak 15 km. Di samping itu, persneling atau gigi mesti berada pada posisi N agar tidak merusak transmisi.

8. Lakukan servis secara rutin guna mobilmu, paling tidak masing-masing 3 bulan sekali. Apalagi bila mau berpergian jauh
Servis 3 bulan sekali
Servis 3 bulan sekali via bosmobil.com

Servis mobil nggak mesti selalu ketika ada yang bobrok atau menjangkau jarak tempuh 10.000 km saja, lho. Sebisa mungkin, lakukanlah servis secara rutin masing-masing 3 bulan sekali di bengkel. Periksa secara borongan dari mulai mesin, oli, freon AC, sampai keadaan ban mobilmu. Ini urgen supaya mobilmu tidak jarang kali berada dalam suasana yang baik dan bila ada masalah dapat cepat terdeteksi. Servis mobil pun wajib dilaksanakan saat anda akan berpergian dalam jarak yang lumayan jauh. Semuanya demi kelancaran perjalananmu nanti.

Untuk anda yang mengemudikan motor
1. Servis motormu tersebut secara rutin, ketika sudah menjangkau jarak tempuh 2.000 km atau selama 3 bulan sekali
Servis teratur per 2.000 km
Servis teratur per 2.000 km via www.areaotomotif.com

Mesin motor memang nggak sejumlah dan seribet mobil, namun bukan berarti dapat diremehkan. Kualitas dan kinerja mesin motormu perlu guna tetap dipertahankan supaya kamu dapat mengendarainya dengan aman dan nyaman.

Bawalah motormu ke lokasi servis sah secara rutin, tidak cukup lebih masing-masing 3 bulan sekali atau ketika sudah menempuh jarak 2.000 km. Periksa mulai dari mesin, rantai, oli, sampai keadaan ban motormu sendiri. Dijamin deh serasa naik motor baru bila motormu rajin diservis.

2. Peran busi sangat urgen untuk menolong kelancaran berkendaramu. Selalu periksa kelayakannya masing-masing 1 bulan sekali
Cek kelayakan busi
Cek kelayakan busi via hourex150l.wordpress.com

Mau tahu seberapa urgen peran busi? Yap, bila nggak terdapat busi, mesin motormu nggak akan dapat menyala. Busi ini menerbitkan percikan api yang bermanfaat untuk menghantarkan panas terbit dari ruang pembakaran. Secara singkat, busi ini ialah pemicu pembakaran bensin yang anda gunakan. Maka dari itu, kelayakannya urgen untuk tidak jarang kali diperhatikan. Walaupun dapat hidup hingga jarak tempuh 8.000 km, nggak terdapat salahnya guna selalu mengecek kelayakan busi maksimal masing-masing bulannya. Kalau kepala busi telah menghitam laksana gosong, lebih baik ganti baru saja.

3. Sebelum berpergian, pastikan suasana rantai motormu tidak kendor ataupun kering
Kalau kering, beri chain lube
Kalau kering, beri chain lube via otosia.com

Rantai pada motormu tersebut memiliki faedah untuk menggerakkan roda unsur belakang. Kalau keadaannya nggak cocok —entah tersebut kendor atau kering—, pasti saja motormu jalannya jadi nggak enak. Makanya, urgen banget untuk membudayakan diri mengecek suasana rantai sebelum anda berpergian.

Kalau contohnya rantai motormu kendor, lumayan kamu setel saja dalam suasana mesin mati. Tapi bila kering, anda perlu mengobarkan motor, set di gigi 1, kemudian semprot deh rantai motormu memakai chain lube atau oli rantai. Tanganmu tidak boleh sampai menyentuh rantai ketika mesin nyala, ya.

4. Belt pada motor matic memang tidak butuh diservis, namun WAJIB diganti masing-masing jarak tempuh 25.000 km
Ini nih belt-nya
Ini nih belt-nya via s654.photobucket.com

Beda dengan motor manual yang memakai rantai, motor matic memakai belt guna menggerakkan roda belakangnya. Belt ini memang jarang kendor dan nggak butuh diberi oli, lagipula diservis. Tapi, lama kelamaan belt ini bakal aus dan bila dipaksa, dapat putus di tengah jalan. Oleh sebab itu, mesti bagimu guna menggantinya masing-masing sudah menempuh jarak 25.000 km.

5. Ketahuilah dengan baik seberapa besar desakan yang dibutuhkan oleh ban motormu. Kalau tiba-tiba kempes, kamu dapat mengisinya sendiri di SPBU secara gratis
Tahu tekanannya biar dapat isi sendiri gratis
Tahu tekanannya biar dapat isi sendiri cuma-cuma via remcakram.com

Sebenarnya, desakan udara di dalam ban motor nggak perlu terlampau spesifik laksana mobil. Hanya saja, anda sebagai yang mengendarainya butuh tahu desakan yang pas dan enak guna dibawa berpergian. Jadi, bila nanti sewaktu-waktu di jalan banmu kempes, nggak terdapat bengkel, dan hanya ada SPBU, kamu dapat mengisi desakan banmu sendiri, ‘kan?

Kendaraan tersebut seperti pacaran. Kamu jangan melulu punya sebab suka dan perlu saja, tetapi pun harus dipelihara serta diasuh dengan baik agar “dia” kerasan bersamamu dan “hubungan” kalian awet, deh. Setuju, nggak?
LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.