LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI- 4 Fungsi Utama Kepala Silinder Pada Mesin

KursusMengemudiMajalengka

Kursus Mengemudi Majalengka

4 Fungsi Utama Kepala Silinder Pada Mesin


Salah satu komponen mesin yang sangat inti ialah kepala silinder (cylinder head). Diberi nama kepala silinder, sebab posisi komponen ini terdapat ditas blok silinder yang mana bermanfaat sebagai tubuh. Sehingga blok atas ini dikenal dengan nama kepala silinder.

Lalu apa saja faedah kepala silinder pada mesin ? ayo kita kupas secara detail.

Fungsi Kepala Silinder


Secara umum, faedah kepala silinder ini melulu sebagai penutup dari silinder mesin yang berlubang. Tapi tidak saja itu saja, kepala silinder juga bermanfaat ;

1. Sebagai lokasi berlangsungnya pembakaran

Sebagai internal combustion engine, mesin pada mobil dan motor mengerjakan pembakaran didalam mesin. Tepatnya didalam coakan kepala silinder.

Apabila kamu sudah mengetahui bagaimana mesin mobil bekerja, maka kamu akan paham bahwa pembakaran ini terjadi saat piston menjangkau TMA (titik mati atas). Pada situasi ini gabungan udara dan bahan bakar telah dikompresi kedalam coakan kepala silinder.

Ketika pembakaran terjadi, otomatis piston dapat terdorong lagi kebawah guna melanjutkan proses berikutnya.

Pada mesin bensin, lazimnya ada tiga format ruang bakar. Yakni tipe wedge, tipe parabola, dan tipe segitiga. Anda dapat lihat perbedaannya pada gambar berikut.


2. Sebagai lokasi jalur terbit masuk material kedalam silinder
Advertisement


Material yang diperlukan oleh mesin tersebut bukan Cuma bensin tapi pun udara. Dan saat pembakaran mesin selesai, maka bakal ada emisi atau gas saldo pembakaran yang mesti dibuang.

Ini mengakibatkan harus terdapat dua jalur guna jalur udara bersih dan jalur gas saldo pembakaran. Kedua jalur ini pun terletak didalam kepala silinder bentuknya seperti drainase yang menuju samping kepala silinder.

Disamping kepala silinder itu dipasangkan intake manifold sebagai drainase lanjutan guna udara bersih yang bakal masuk ke mesin dan sisi lainnya dipasangkan exhaust manifold sebagai drainase lanjutan gas buang guna disalurkan ke knalpot.

3. Sebagai lokasi bekerjanya mekanisme katup

Mekanisme katup dibutuhkan untuk mengontrol kapan udara masuk dan kapan gas saldo pembakaran dibuang.

Kalau faedah yang kedua, tersebut salurannya sedangkan ini berperan sebagai pengatur kapan udara bersih dimasukan dan kapan gas buang dikeluarkan. Karena salurannya terletak didalam kepala silinder, otomatis katupnya pun terletak didalam kepala silinder.

Katup-katup ini bakal terbuka cocok mekanisme yang dikontrol oleh mekanisme katup. Mekanisme katup ini terdiri dari poros nok, rocker arm, dan katup yang saling berkolaborasi didalam kepala silinder. Mekanisme ini digerakan oleh poros engkol melewati timming chain.

4. Sebagai lokasi pemasangan busi

Terakhir, kepala silinder dipakai sebagai lokasi dipasangnya busi. Busi ini bermanfaat untuk merangsang pembakaran didalam ruang bakar, sebab ruang bakarnya terletak pada kepala silinder otomatis businya pun dipasangkan pada kepala silinder.

Apa ada faedah lainnya ?

Untuk mesin diesel, maka kepala silinder juga dipakai sebagai lokasi pemasangan busi pijar, lokasi dipasangkan pompa injeksi dan pompa vakum. Jadi faedah kepala silinder secara keseluruhan tersebut memang beragam.

Tapi yang sangat utama tersebut 4 faedah diatas.


LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.