LKP Mustika Wangi KursusMengemudiMajalengka,KursusMengemudiCirebon,KursusMengemudiKuningan,KursusMengemudiKadipaten,KursusMengemudiIndramayu,KursusMengemudiJawaBarat,KursusOtomotifMajalengka,KursusOtomotifCirebon,KursusOtomotifKuningan,KursusOtomotifKadipaten,KursusOtomotifIndramayu,KursusTuneUpMajalengka,KursusTuneUpCirebon,KursusTuneUpKuningan,KursusTuneUpJawabarat,KursusTuneUpindramayu,KursusServicMotormajalengka.

MUSTIKA WANGI - Wajib Tahu! Fungsi dan Komponen dari Minyak Rem.

Wajib Tahu! Fungsi dan Komponen dari Minyak Rem.
KursusMengemudiMajalengka


Minyak rem punya peran yang urgen buat mobil Sahaat, lho. Tanpa minyak ini, rem nggak akan berfungsi sebagaimana harusnya. Bayangin, bisa-bisa mobil Sahabat nggak dapat berhenti, alias menabrak.

Minyak rem bertugas guna melumasi komponen cakram dan kampas. Keduanya akan bergesekan guna menghentikan laju mobil Sahabat. Nah, minyak rem adalahkomponen yang bermanfaat untuk meredakan panas dampak gesekan salah satu cakram dengan kampas rem.

Lalu, bagaimana sebenarnya teknik kerja dan komponen dari minyak rem? Nah, di sini, Sahabat dapat mengenal minyak rem lebih jauh. Yuk, cek!


Kandungan


Umumnya, minyak rem berisi Poly Glycol, Glycol Ether, dan Additive. Poly Glycol adalahcairan dengan tingkat kekentalan yang tinggi dan bermanfaat sebagai pelumas. Poly Glycol juga dapat mengurangi pengaruh terhadap karet. Kemudian, Glycol Ether bakal mengontrol kekentalan, titik didih, pun kestabilan karet. Yang terakhir, Additive, bertugas untuk menangkal korosi dan oksidasi.

Klasifikasi



Minyak rem terbagi menjadi sejumlah jenis, yaitu DOT-3, DOT-4, DOT-5.1, dan DOT-5. DOT ialah kependekan dari Departement of Transportation. Semakin tinggi angka DOT, semakin tinggi titik didih suatu minyak rem.

Minyak rem DOT-3 adalahminyak rem yang sangat umum digunakan. Minyak rem ini gampang ditemukan di bengkel dengan harga yang murah. Namun, DOT-3 bisa merusak cat, merusak karet alami, dan dapat memunculkan korosi.Minyak rem DOT-4 sering didatangi pada mobil model lama. Minyak ini juga lumayan mudah untuk diperoleh dengan harga yang lebih mahal daripada DOT-3. Meskipun begitu, DOT-3 tetap berpotensi untuk memunculkan korosi sebab minyak ini gampang menyerap air.

Karateristik yang mebedakannya dengan DOT-4 dengan DOT-3 ialah titik didih. Titik didih minyak rem ini lebih tinggi daripada DOT-3 sampai-sampai sesuai untuk dipakai pada mobil bersuhu tinggi.

Minyak rem DOT-5 dikenal sebagai minyak rem silikon. Sebagai bahan dasar minyak rem ini, silikon ialah kandungan yang tidak menyerap air. Dengan demikian, DOT-5 tidak berpotensi untuk memunculkan karat.

Minyak rem ini tidak sedikit digunakan dalam kendaraan militer. Kekurangannya, DOT-5 memiliki daya lumas yang tidak cukup baik. Di samping itu, harga minyak rem ini lumayan mahal dan susah untuk ditelusuri di bengkel pada umumnya.

Minyak rem DOT-5.1 adalahtipe yang sangat baru. Minyak rem ini memiliki titik didih yang tinggi dan kualitas yang lebih baik dikomparasikan jenis minyak rem lainnya. Akan tetapi, kekurangannya ialah DOT-5.1 berpotensi guna merusak cat.

Cara Kerja


Rem bekerja secara hidraulis. Silinder master menggiatkan tenaga hidraulika (hidrolik) guna menghentikan laju roda, dapat dengan mengurangi karet tromol atau mengapit cakram. Tenaga hidrolik ini memerlukan minyak rem. Master silinder mengirim energi mekanis ke piston sampai-sampai energi panas dari gesekan minyak rem akan dihasilkan.

Untuk mengenal minyak rem lebih jauh, Sahabat mesti pahami hal-hal di atas dengan baik. Minyak rem punya faedah penting bikin mobil kamu. Yang terpenting, anda mesti memilih minyak rem yang cocok dengan spesifikasi mobil.

Sahabat pun usahakan teratur mengubah minyak rem agar performa pengereman dapat terjaga dengan maksimal. Penggantian yang rutin dapat mengurangi akibat korosi dan rusaknya cat. Mengganti minyak rem, secara otomatis akan melemparkan air dan kotoran dari sistem pengereman.

Supaya anda makin paham dengan minyak rem yang sesuai buat mobil kesayangan, Sahabat disarankan membaca kitab panduan kendaraan. Udah gitu, tidak boleh sungkan guna konsultasi dengan bengkel Daihatsu favorit Sahabat, ya!


LEMBAGA KURSUS & PELATIHAN
MUSTIKA WANGI
KURSUS OTOMOTIF
MENGEMUDI, MONTIR MOBIL DAN
MONTIR SEPEDA MOTOR
Jl. Raya Timur No.10 Ciborelang, Jatiwangi Majalengka 45454. 
Telp. (0233) 883678 – 08122196016
Share:

No comments:

Post a Comment

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.